Pemda Buton Bagikan Ribuan Bibit Pala dan Kelapa Genja

37
Bupati Buton, Drs La Bakry MSi serahkan bantuan bibit pala untuk petani di Buton. Foto: Doc. Diskominfo Buton/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Pemerintah Kabupaten Buton, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal konkrit yang dilakukan pemda yaitu membagikan secara gratis ribuan bibit pala dan kelapa genja untuk seluruh petani di Kabupaten Buton.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan, wilayah Kabupaten Buton, sektor pertanian punya peranan penting meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena hampir sebagian besar wilayah di Kabupaten Buton merupakan daerah pertanian dengan berbagai komoditi yang diyakini mampu mendukung ketahanan pangan nasional.

Khusus bantuan bibit, kurang lebih ada 40 ribu bibit pala dan 10 ribu bibit kelapa genja yang disalurkan kepara petani. Kelapa genja dan pala, merupakan tanaman jangka panjang, hasilnya pun cukup menjanjikan untuk para petani

“Kedua komoditi ini sudah melalui proses kajian. Hasilnya juga jangka panjang. Sudah pasti sangat bermanfaat sekali,” kata La Bakry ditemui, Sabtu (27/03/2021).

Bupati Buton, Drs La Bakry MSi serahkan bibit kelapa genja untuk petani di Buton. Foto: Doc. Diskominfo Buton/suryametro.id

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’Mul Djamal mengatakan, syarat untuk mendapatkan bibit pala dan kelapa genjah sangat mudah, cukup memiliki kelompok tani aktif dan mengusulkan berapa banyak kebutuhan bibit melalui proposal ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang ada di kecamatan masing-masing.

“Untuk mendapatkan bibit tersebut harus mempunyai kelompok tani atau paling tidak harus masuk sebagai anggota kelompok tani, setelah itu buat proposal, setelah itu diusulkan ke Balai Penyuluhan Pertanian di masing-masing Kecamatan,” ungkapnya.

Selain mengadaan bibit pala dan kelapa genjah, Dinas Pertanian tahun ini menyiapkan juga bantuan alat pengedali hama tanaman. Menurut Ma’Mul Djamal sesuai dengan kajian Pemerintah Daerah bahwa selain aspal buton, tanaman pala dan kelapa genjah kedepan akan menjadi komoditi unggulan di Kabupaten Buton.

Untuk diketahui bahwa tahun ini, Dinas Pertanian Buton sedang gencar-gencarnya melaksanakan penyuluhan ketingkat desa dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan tananaman pala dan kelapa. Sebab, kedua komoditi tersebut diramal dapat meningkatkan sektor ekonomi warga dimasa depan.

Penulis: Adhil