Pemda Buton Dapat Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Smart City dari Kemenkominfo RI

9
Perintah Kabupaten Buton melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian bersama Kementerian Kominfo Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Buton, Senin (30/08/2021). Doc. suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Perintah Kabupaten Buton melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian bersama Kementerian Kominfo Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Buton, Senin (30/08/2021).

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti. Dalam kesempatan itu, Iis mengungkapkan jika pelaksanaan Bimtek tersebut merupakan tindak lanjut dari terpilihnya Kabupaten Buton sebagai salah satu kabupaten/kota di Indonesia sebagai daerah yang ditetapkan Kementerian Kominfo RI dalam program gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) pada Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Kawasan Ibu Kota Negara Baru.

Dalam sambutannya juga Iis mengatakan, potensi Kabupaten Buton sangat prosprektif bagi terwujudunya kesejahteraan masyarakat Buton maupun mendorong pertumbuhan regional.

“Buton bukan hanya sebuah wilayah pemerintahan, namun juga menjadi harapan masyarakat untuk kesiapan berbagai aspek,” kata mantan Anggota DPRD Buton ini.

Iis mengungkapkan Masterplan Smart City berperan vital sebagai landasan materi dan panduan pembangunan konsep kota masa kini dan masa depan. Masterplan ini berperan besar dalam membantu pemerintah menetapkan kebijakan, regulasi, dan arah serta prioritas pembangunan kota.

Smart city telah menjadi salah satu pendekatan dalam pembangunan kota dan kabupaten, hal itu telah berlangsung sejak beberapa tahun ke belakang yang bukan hanya mengikuti trend di dunia perkotaan.

“Program smart city di Kabupaten Buton, menjadi salah satu daya dorong untuk keseluruhan sektor pembangunan melalui pelayanan publik yang cepat dan akurat,” lanjut Wabup Buton.

Di akhir sambutannya, IIs berharap dengan adanya program Smart City, Kabupaten Buton layaknya harus diwujudkan untuk mengoptimalkan pelayanan publik untuk meningkatkan kinerja Pemkab Buton ke depannya.

Kegiatan Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Buton ini, menghadirkan Dr Ir Harya Darma Widiaputra SKom MT sebagai tim pembimbing dari Kementerian Kominfo RI. Dalam kesempatan itu, Harya turut menjelaskan salah satu konsep Smart City dari sektor pengembangan Kota/Kabupaten berdasarkan prinsip teknologi informasi yang dibuat untuk kepentingan bersama secara efektif dan efisien.

Turut hadir dalam acara ini, kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkab Buton beserta staff perencana, Forkopimda, Rektor Unidayan Baubau dan Rektor Univ Muhammadiyah Buton.

Editor: Adhil