Pemda Konsel Imbau Petani Waspada Modus Penipuan Bantuan Alsintan

37
Kepala DTPHP Konsel, Hidayatullah imbau petani Konsel Waspada modus penipuan. Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel), melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), mengimbau kepada seluruh petani untuk waspada dengan modus bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Imbauan tersebut disampaikan, karena beredarnya sebuah rekaman yang mengaku dari Dinas Pertanian, dengan maksud meminta sejumlah uang kepada salah satu petani di Konsel, yang nantinya akan diberi bantuan mesin.

“Dalam sebuah rekaman itu, terdengar suara perempuan yang mengaku dari penyuluh pertanian Konsel, dengan modus meminta uang sebesar Rp.7 juta kepada petani asal Desa Andoolo Utama, Kecamatan Buke atas nama Anto. Dengan iming-iming, akan memberikan bantuan alat pertanian berupa hand tracktor,” beber Kepala DTPHP Konsel Hidayatullah kepada suryametro.id, Minggu (31/01/2021)

“Saya tegaskan, semua jenis bantuan, baik dari Departemen Pertanian maupun dari Pemda Konsel, baik jenis bantuan pupuk, benih maupun Alsintan, itu tidak berbayar alias gratis, oknum ini memang pakai cara lama untuk merusak nama baik pertanian,” tegas Hidayatullah.

Atas kejadian tersebut, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan dimasing-masing Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan, agar menjadi perhatian serius guna menghindari kejadian serupa tidak kembali terulang.

“Selain itu, jika ada oknum yang melakukan modus penipuan seperti itu, saya sarankan segera lapor Polisi. Saya berharap para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), di Konsel agar lebih berhati-hati,” tutupnya.

Reporter: Udin
Editor: Adhil