Pemerintah Buteng Salurkan Bantuan Kepada Korban Bencana Alam di Desa Tanailandu

253
BPBD dan Dinsos menyalurkan bantuan darurat kepada korban bencana di saksikan langsung oleh Kepala Desa Tanailandu. (Dok for suryametro.id)

LABUNGKARI, suryametro.id – Pasca kejadian Bencana terpaan angin yang menghancurkan belasan rumah Jumat kemarin, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) bersama Dinas Sosial Buteng (Dinsos), turun langsung meninjau dan memberikan bantuan kepada warga korban di Desa Tanailandu Kecamatan Mawasangka Buteng, Saptu (3/4/2021).

Kepala Bidang Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Buteng, Asmun menjelaskan, pihaknya telah melihat secara langsung kondisi rumah warga yang hancur akibat terpaan angin. Namun untuk sementar ini, pihaknya memberikan bantuan darurat seadanya, selanjutnya akan mengkordinasikan ke pimpinan untuk langkah selanjutnya.

“Kami dari BPBD bersama Dinsos telah menyalurkan bantuan darurat, dan secepat akan di tangani untuk di usulkan pembangunan rumah bagi salah satu warga yang tertimpah pohon serta belasan rumah tempat pembuatan rumput laut, untuk di berikan bantuan,” jelasnya.

Hal senada di ungkapan Kepala Dinsos Buteng Abidin, pihahnya langsung meninjau lokasi bencana atas perintah langsung Bupati Buteng, untuk secepatnya menyalurkan bantuan berupa kebutuhan seperlunya.

“Semoga dengan adanya bantuan yang kami berikan bisa dapat meringankan parah korban dan kami juga akan mengupayakan tindakan selanjut untuk membantu warga yang terkena bencana,” ungkap Abidin.

BPBD dan Dinsos Buteng saat meninjau lokasi bencana alam di Desa Tanailandu. (Dok for suryametro.id)

Sementara itu, Kepala Desa Tanailandu Rafiudin S.sos menyampaikan rasa terima kasi kepada Bupati Buteng atas bantuan yang diberikan melalui BPBD dan Dinsos yang secara langsung meninjau lokasi bencana di Desa kami.

“Terima kasi BPBD dan Dinsos yang telah menyalurkan bantuan, dan alhamdulilah bantuan ini sangat dibutuhkan bagi warga yang terkena bencana,” ucapnya.

Untuk diketahui, penyaluran bantuan darurat dari BPBD dan Dinsos untuk korban bencana berupa makanan siap saji, peralatan dapur, peratan kebersihan,peralatan mandi, tenda gulung, matras, tikar, selimut dan makanan bayi.

Reporter : Ahmad Subarjo
Editor: Herman Erlangga