Pemkab Buton Salurkan Bantuan Rp 926 Juta untuk Pembangunan Masjid

33
Bupati Buton, La Bakry saat menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid - Doc: Kominfo Buton

BUTON, suryametro.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan dana sebesar Rp 926 juta, untuk pembangunan masjid yang tersebar di lima Kecamatan.

Penyerahan bantuan itu, diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Buton Drs La Bakry, kepada panitia pembangunan masjid masing-masing penerima bantuan, di Aula Kantor Bupati Buton Takawa, Rabu (28/7/2021) kemarin.

Pada kegiatan itu, juga dihadiri Wakil Bupati Buton Iis Elianti, Sekda Buton Ir La Ode Zilfar Djafar MSi, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Aliman Ssos MSi dan Kabag Kesra Sardiman Razik SP.

Adapun, lima Kecamatan yang mendapatkan bantuan pembangunan masjid yaitu, Kecamatan Pasarwajo untuk masjid Nurul Ikhlas Wakatobi, Kelurahan Kambulambulana yang mendapat bantuan sebesar Rp 76 juta.

Masjid Darussalam Desa Banabungi, masjid Baabutaqwa Desa Laburunci, masjid Assabar Kelurahan Saragi, masjid Al Musyafira Desa Winning dengan masing-masing bantuan sebesar Rp 50 juta. Sementara Masjid Al Amin, Desa Laburunci mendapatkan bantuan Rp 100 juta.

Kemudian, Kecamatan Lasalimu Selatan untuk masjid Muhajirin Desa Lasalimu, masjid Arrahman Desa Sangia Arano, masjid Nurul Ima Desa Wajah Jaya. Kecamatan Lasalimu, masjid Baiturrahman Desa Lasembangi, masjid Ahsanul Ulum Desa Ambuau Togo, masjid Jannatul Firdaus Desa Talaga Baru, masjid Babul Khoir Desa Lawele, dengan mendapatkan bantuan Rp 50 juta.

Selanjutnya, Kecamatan Siontapina untuk masjid Fisabilillah Desa Gunung Jaya dan Kecamatan Kapontori untuk masjid Nur al Jum’ah Desa Boneatiro Barat, masjid Baitul Jannah Desa Wakalambe, masjid Al Amanah Desa Bukit Asri, yang juga masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp 50 juta.

Dalam sambutannya, Bupati Buton La Bakry mengatakan, pemberian bantuan tersebut dibagi berdasarkan kondisi dan keadaan masjid disetiap desa maupun kelurahan, untuk apa yang perlu diperbaiki.

Lanjutnya, meski bantuan tersebut tidaklah seberapa, namun kiranya bantuan tersebut dapat diperguanakn sebaik-baiknya, untuk perbaikan tempat ibadah. Sehingga, masyarakat ataupun musafir nyaman beribadah di masjid tersebut.

“Harapanya, masyarakat desa dan kelurahan senantiasa terus meningkatkan suasana keagamaan, nilai ibadah dan perbanyak introspeksi diri serta berdoa agar pandemi bisa berlalu,” jelasnya.

Orang nomor satu di Buton itu, juga mengajak masyarakat agar ikut serta membantu pembangunan mesjid dan dapat menyisihkan hartanya walaupun sedikit, untuk beramal jariyah.

“Sesungguhnya, yang akan menemani kita kelak menghadap Allah SWT adalah harta yang digunakan untuk beramal dan bersedekah,” tutupnya.(Adm)