Pemkab Konsel Bakal Luncurkan Aplikasi Elektronik Statistik Sektoral

42 views
Sekda Konsel Ir Sjarif Sajjang, membuka FGD peluncuran aplikasi elektronik statistik sektoral. Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Kominfo dan Sandi, menggelar Forum Group Discussion (FGD) Kabupaten dalam angka. Kegiatan dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Ir H Sjarif Sajang, Rabu (10/3/2021).

Turut mendampingi Kadis Kominfo dan Sandi Konsel, Drs Anas Mas’ud, Kepala BPS Konsel Muh Amin SE, serta Kabid Integritas Pengolahan dan Desiminasi Statistik BPS Provinsi Sultra Fathur Rohman ST.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, tentang pengumpulan dan penyajian data sektoral lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Konsel, dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Konsel. Guna mewujudkan satu data Indonesia sesuai dengan Perpres nomor 39 Tahun 2019.

Dalam sambutannya Sekda Konsel H Sjarif Sajang mengatakan bahwa, salah satu yang sangat dibutuhkan dalam pencapaian visi misi Kabupaten Konsel, adalah data statistik sektoral. Dimana ini sangat penting bagi perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi dalam penyelenggaraan pembangunan wilayah Konsel.

“Dengan data statistik sektoral, perencanaan suatu pembangunan akan berjalan sesuai realitas, sehingga tercipta kebijakan yang tepat sasaran,” jelasnya.

Lanjutnya, FGD ini merupakan awal yang baik dalam melahirkan satu data base. Seperti data sosial ekonomi, perdagangan dan lainnya, yang menjadi satu kesatuan elemen data. Sehingga nantinya terwujud format data statistik valid dan akuntabel, yang berguna bagi perencanaan dan pembangunan di Konsel.

Sementara dalam laporannya, Kepala Bidang Data Center Diskominfo Konsel Dr Awaluddin, selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa, kegiatan diikuti sebanyak 40 peserta dari OPD dan Bagian lingkup Pemkab Konsel.

“Kegiatan ini merupakan sinergitas bersama BPS, dan akan terus kami bangun. Dimana kedepannya, Pemkab akan membuat aplikasi elektronik statistik sektoral, terhadap OPD yang menjadi produsen data. Sehingga BPS selaku mitra pemerintah, tidak mendata manual, tinggal membuka link website yang tersedia,” paparnya.

Dengan aplikasi ini, BPS dan Pemkab tidak perlu membuang energi ke kantor-kantor meminta data, cukup cek link saja yang juga akan dikonekkan langsung ke website BPS.

“Ini merupakan langkah maju dan satu satunya di Indonesia, yang sekaligus Konsel mencatatkan dirinya sebagai pioner pembangunan aplikasi elektronik statistik,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: Herman Erlangga