Pemkab Konsel Hibahkan Tanah untuk Pembangunan Kantor Manggala Agni

24
Wabup Konsel Rasyid saat menyerahkan sertifikat tanah hibah kepada Kepala BP2IKHL I Made Gede Setia Rimbawan - Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), memberikan bantuan sebidang tanah hibah dengan luas dua hektar, kepada Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BP2IKHL) Wilayah Sulawesi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK).

Sertifikat tanah hibah, untuk pembangunan Kantor Manggala Agni tersebut diserahkan langsung Wakil Bupati (Wabup) Rasyid SSos MSi dan diterima Kepala BP2IKHL KemenLHK Ir I Made Gede Setia Rimbawan MSi, di Lantai II Ruang Rapat Kantor Bupati di Andoolo, Jum’at (28/5/2021)

Dalam sambutannya, Rasyid mengungkapkan, bantuan ini merupakan bentuk sinergitas antar jajaran lembaga pemerintahanan, sekaligus wujud kepedulian Pemkab dalam mendukung kelancaran operasional pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan serta lahan (Karhutla).

“Dengan akan dibangunnya kantor Manggala Agni di Konsel, maka dengan sendirinya ketika ada kejadian Karhutla yang tidak diinginkan, maka tindakan preventif penananggulangan lebih kuat dan cepat teratasi,” jelasnya.

Pasangan Bupati Surunuddin Dangga ini, berpesan sebagai tindakan mitigasi bencana secara preventif, agar jajaran Manggala Agni dapat berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, juga melibatkan unsur Forkompimda, Pemerintah Kecamatan/Kelurahan/Desa dan pihak lainnya.

“Manggala Agni merupakan brigade pencegahan dan pengendalian Karhutla. Dalam proses pencegahan dan penanganan kejadian bisa bersinergi dengan Instansi BPBD, TNI POLRI, Pemerintah Kecamatan, Desa atau stakeholer dan elemen masyarakat lainnya,” tandasnya.

Sementara itu Kepala BP2IKHL I Made Gede Setia Rimbawan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih, atas bantuan yang diberikan Pemkab kepada lembaganya.

“Selain itu, kita juga telah membentuk masyarakat peduli bencana, dengan melakukan koordinasi dan melibatkan masyarakat dan aparat Kecamatan/Kelurahan/Desa dalam patroli Karhutla,” ungkapnya.

Adapun lokasi lahan sertifikat yang dihibahkan Pemkab Konsel, yakni disebelah Kantor Dinas Kesehatan Konsel di Andoolo. Dan turut mendampingi penyerahan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Konsel Irsan Halim Mangidi.

Reporter: Udin