Pemkot Baubau Bantu Pemkab Konut Terapkan Program SIPD

63 views
Sekda Konut, Kasim Pagala menyerahkan cenderamata ke Pemkot Baubau yang diterima langsung Sekda Baubau Roni Muhtar. Doc.suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Keberhasilan Pemerintah Kota Baubau dalam hal implementasi sistem informasi pemeritah daerah (SIPD) sesuai Permendagri nomor 70 tahun 2019, mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut). Atas keberhasilan itu juga, Pemkot Baubau diminta untuk membantu serta memfasilitasi Capacity Building terhadap implementasi SIPD Pemkab Konut.

Mewakili Pemkot Baubau, Sekda Baubau Roni Muhtar mengungkapkan, keberhasilan dalam mengimplementasikan SIPD tidak diraih dengan mudah. Namun banyak proses panjang yang telah dilewati, mulai dari mempelajari sistem kerja melalui sejumlah referensi yang ada hingga proses jalinan kerjasama dengan salah satu direktur di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Meski begitu, tidak serta merta SIPD bisa kita terapkan. Sehingga kita utus Kepala Bappeda dan BPKAD serta bidang perencanaan dua instansi itu untuk studi banding ke Kemendagri di Jakarta. Kurang lebih ada 40 orang yang kita utus saat itu,” kata Roni Muhtar kepada Sekda Konut beserta rombongan di Aula Kantor Wali Kota Baubau di Palagimata, Jum’at (24/09/2021).

“Tidak sampai disitu saja, kami juga mencoba menghubungi setiap daerah di Indonesia melalui Sekda masing-masing untuk mencari informasi daerah mana yang mampu menerapkan SIPD. Nah kita langsung minta untuk dibimbing. Karena pandemi, proses bimbingannya dilakukan secara virtual,” tambah Roni.

Melalui kesempatan itu, Roni berharap ilmu yang akan dibagikan nantinya bisa bermanfaat dan berguna bagi Pemkab Konut, terkhusus dalam proses implementasi SIPD.

“Jangan dianggap teman-teman Bappeda Kota Baubau menggurui. Ini kan dalam kaitan saling membagi pengalaman, bukan berarti kami di Baubau sudah lebih maju tetapi dalam rangka untuk saling berbagi informasi. Makanya, ketika saya menerima surat beberapa waktu lalu yang dikirimkan ke Pemkot Baubau melalui Sekda Konut, kami dengan senang hati kami menerima dan siap menyembut dalam rangka kunjungan sesama sahabat dan semoga kedepannya, Bupati Konut bisa juga kesini bertemu dengan Wali Kota Baubau. Kami sangat senang dan memberi apresiasi positif atas kunjungan ini,” kata Roni diakhir sambutan selamat datangnya.

Usai kegiatan penyambutan, Sekda Konut berserta rombongannya dianjak menikmati keindahan alam Kota Baubau termaksud kuliner. Tidak ketinggalan hasil tenunan Buton untuk dibawa pulang ke Konut sebagai oleh-oleh, berkeliling benteng Keraton Buton serta mengunjungi sejumlah tempat wisata populer di Kota Baubau.

Editor: Adhil