Pemkot Baubau Santuni Ayak Yatim Piatu

368 views
Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse beri suapan seorang anak yatim piatu di gelaran adat pekandeana ana-ana maelu. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Ritual Pekandeana Anana Maelu adalah ritual adat dari Kesultanan Buton sejak dahulu kala dalam rangka memperingati hari asura 10 muharam, dimana masyarakat Buton biasanya mengambil 10 muharam itu sebagai hari untuk membesarkan dan memberikan kegembiraan kepada anak anak yatim.

Demikian pula dengan Pemkot Baubau kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, dan baru beberapa tahun terakhir dilaksanakan di lingkup Pemkot Baubau seperti yang dilakukan pada Jumat pagi (28/7/2023) di rujab Wali Kota Baubau Pemkot Baubau melaksanakan Pekandeana Anana Maelu.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse kepada sejumlah media mengungkapkan, biasanya Pakandeana Anana Maelu dilaksanakan tiap-tiap rumah di masyarakat yang ingin menggembirakan anak yatim. Dan beberapa tahun terakhir Pemkot Baubau berinisiatif untuk melaksanakan di rujab Wali Kota Baubau sebagai bentuk komitmen Pemkot Baubau untuk memberikan perhatian kepada anak-anak  yatim agar mereka juga bisa bergembira, mendapatkan support dan punya semangat hidup.

Karena bagaimana pun mereka adalah generasi bangsa yang harus berperan di masa akan datang. Jadi berikan ruang-ruang yang sama sebagai bentuk perhatian Pemkot Baubau.

Dikatakan, tradisi Pakandeana Anana Maelu sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu dan ini merupakan kewajiban bagi seluruh dermawan untuk sehari penuh memberikan kebahagiaan kepada anak yatim piatu.

Namun demikian , sesungguhnya Pakandeana Anana Maelu bukan hanya sekedar menyantuni dengan memberikan bingkisan tapi lebih dari itu dianjurkan memberi pendidikan yang layak kepada anakk-anak yatim piatu. Dan intinya adalah memberi rasa yang sama jika mereka memiliki saudara juga orang tua.

Sementara itu, tampak hadir pada ritual Pakandeana Anana Maelu di rujab Wali Kota Baubau yakni Ketua TP PKK Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse, Pj Sekda Kota Baubau Sitti Munawar, S.STP, M.Si, Asisten III La Ode Darussalam, S.Sos, M.Si, beberapa kepala OPD dan Kabag Setda Kota Baubau serta Camat, dan juga perangkat masjid agung keraton Buton. (Adm)