Pemkot Baubau Segera Buat Sumur Resapan Atasi Genangan di Pemukiman Warga

33
Jalan Bakti Abri, Kelurahan Bukit Wolio Indah salah satu lokasi langganan genangan air usai turun hujan. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Kota Baubau beberapa hari terakhir, menimbulkan banyak lokasi genangan air disejumlah ruas jalan dekat pemukiman warga.

Salah satu lokasi sumur resapan yang akan dibangun dalam waktu dekat ini berada di jalan Bakti Abri, Kelurahan Bukit Wolio Indah yang selalu jadi langganan genangan air jika musim penghujan tiba.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau, Andi Hamzah ditemui saat memantau titik lokasi genangan, Kamis (05/08/2021) mengatakan, genangan air terjadi akibat truktur jalan yang tidak rata dan tingginya aktifitas pembangunan yang dilakukan warga. Sementara ruas jalan tersebut belum didukung dengan drainase.

“Sebagai langkah antisipasi dengan mempertimbangkan kondisi saat ini, pemerintah akan melakukan penanganan jangka pendek dengan membuat sumur resapan. Rencananya, Dinas PUPR akan membuat sumur resapan dengan panjangnya kurang lebih 10 meter dahn lebarnya sekitar 2 meter. Untuk di jalan Bakti Abri, pemilik tanah juga sudah setuju dan merelakan separuh tanahnya untuk kami buatkan sumur resapan,” kata Andi Hamzah.

Hamzah pun meminta warga sekitar, agar turut membantu meberikan kemudahan dalam pekerjaan pembangunan sumur resapan tersebut. Sebab Pemkot Baubau akan membangun sumur resapan dengan memanfaatkan anggaran penanganan kondisi emergency yang tentunya sangat terbatas.

Penulis: Adhil