Pemprov Sultra Lakukan Visitasi Program “Summer” di Universitas Arizona

14
Penandatanganan kerjasama antara Pemprov Sultra diwakili Pj.Sekda Sultra Asrun Lio dengan The President Sampoerna Universty Dr.Marshall Schott. (ANTARA/HO)

KENDARI, suryametro.id – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerja sama dengan Universitas Arizona untuk meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi tersebut dengan melakukan visitasi untuk Program Summer di kampus setempat.

Pj Sekda Pemprov Sultra Asrun Lio dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Minggu (19/06/2022) mengatakan, selain menjalin kerja sama dengan Universitas Arizona, pihaknya juga menggandeng Universitas Sampoerna. Dalam kesepakatan kerja sama dengan Universitas Arizona dan Universitas Sampoerna ini terkait pelaksanaan program pengiriman mahasiswa Universitas Sampoerna yang berasal dari Sultra untuk program musim panas (Summer) 2022 di Universitas Arizona.

“Aktivitas mahasiswa ini nanti mengikuti perkuliahan selama 10 pekan di Universitas Arizona, serta aktivitas lainnya dalam rangka mengenal budaya maupun alam di Arizona. Program ini diharapkan mampu memperkaya keterampilan hidup maupun pengalaman belajar mahasiswa di negara asing,” ujar Asrun dikuti dari Antarasultra.com

Mahasiswa Sultra juga bisa mengasah keterampilan dasar untuk mendampingi ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan di universitas dengan harapan meraih kesuksesan di masa mendatang.

Mahasiswa Sulawesi Tenggara yang lolos mengikuti program beasiswa Sampoerna pada tahun 2019 dan 2020 sebanyak delapan orang dan dinyatakan layak mengikuti program Summer di Universitas Arizona Amerika Serikat.

Ia mengatakan ruang lingkup kerja sama tersebut, di antaranya terkait pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di Sultra, peningkatan kualitas pendidikan, akademis, serta pengetahuan di bidang budaya dan bahasa. “Selain itu, masing-masing pihak juga bersepakat pengaturan pelaksanaan serta dukungan pembiayaan akan diatur serta dituangkan secara tertulis dalam bentuk perjanjian kerja sama tersendiri,” katanya.

Kesepakatan bersama ini juga akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama Sesuai dengan Ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini mengatakan terkait kerja sama tersebut, para pihak juga akan melakukan evaluasi kesepakatan enam bulan sebelum jangka waktu berakhir, yakni penilaian atas kelangsungan atau pengakhiran kerja sama, berdasarkan kesepakatan bersama para pihak.

“Pengiriman mahasiswa Universitas Sampoerna dari Sulawesi Tenggara Program Summer 2022 di Universitas Arizona ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademis mahasiswa, serta peningkatan pengetahuan di bidang budaya dan bahasa,” ucap mantan Sekretaris Dewan Kehormatan Kode Etik UHO ini.

Sementara itu, Kepala BPKAD Provinsi Sultra Basiran mengatakan Pemprov Sultra menyambut baik kegiatan tersebut, karena mampu meningkatkan SDM lokal Sultra melalui bidang pendidikan. Oleh karena itu, pihaknya secara langsung melakukan kunjungan terkait program summer di Universitas Arizona.

“Setelah tur kampus di Universitas Arizona di Tucson, Pemprov Sultra mengajak seluruh mahasiswa asal Sultra yang mengikuti Program Summer ini makan malam bersama sekaligus diskusi terkait masalah apa saja yang mereka temui selama mengikuti program summer di Universitas Arizona. Hal ini penting diketahui, sebab pemprov turut melakukan pembiayaan dengan model 1 : 1, baik antara Pemprov Sultra maupun pihak Sampoerna,” tuturnya.

Dia menambahkan kerja sama ini saling menguntungkan, khususnya dalam menyediakan sumber daya sesuai dengan fungsi, kewenangan maupun kompetensi masing-masing.

Di tempat yang sama, Head of Goverment Relation of Putera Sampoerna Foundation, Mutmainna Syahril menerangkan Universitas Sampoerna berkedudukan di Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh Dr Marshall Schott selaku Presiden Universitas.

Sedangkan The University of Arizona Global, suatu perguruan tinggi yang berkedudukan di Amerika Serikat, yang dalam hal ini diwakili oleh Dr. John Paul Jones, dalam kapasitasnya selaku Dekan.

“Universitas Sampoerna adalah suatu institusi pendidikan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta, Indonesia dan memperoleh ijin dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya universitas di Indonesia dengan gaya Amerika, Universitas Sampoerna menawarkan program akademik kelas dunia yang di desain untuk memenuhi kebutuhan dan standar nasional dan internasional.

Sedangkan The University of Arizona Global (UA) siap mendorong usaha Universitas Arizona untuk mendukung kerja sama internasional serta membuat kampus itu sebagai pemimpin dalam memberikan pengalaman pendidikan luar negeri dan global bagi mahasiswa.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut, Pj Sekda Pemprov Sultra yang juga Kadisdikbud Sultra Asrun Lio menyerahkan kain khas Buton, topi daerah kampurui, miniatur tugu persatuan MTQ Provinsi Sultra, dua buku yang masing-masing berjudul “Sang Arsitek Sultra Raya” dan “Sultra dalam Pikiran Ali Mazi”.

Selain itu, profil ITK Buton kepada The President Sampoerna University, Dr Marshall Schott sebagai koleksi bacaan di Perpustakaan The Universty of Arizona Global, Amerika Serikat.

Pada kesempatan itu, masing-masing pihak siap membantu pengembangan SDM Buton, dalam rangka penyiapan SDM unggul bidang kelautan guna peningkatan pengelolaan Sumber Daya Kelautan Provinsi Sultra. (Adm)