Pemuda Sorawolio Distribusi Langsung Bantu Korban Gempa Sulbar

212
Aliansi Pemuda Sorawolio saat akan berangkat dari Pelabuhan Murhum Kota Baubau. (dok. for suryametro.id)

BAUBAU, surymetro.id – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Sorawolio membentuk tim salurkan bantuan teruntuk masyarakat terdampak gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (17/1/2021).

Tim ini berencana berangkat dari Kota Baubau lalu ke Kota Makassar dengan kapal, dari Makassar kemudian melalui jalur darat tujuan Mamuju.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Karya Baru, Arman mengungkapkan agenda ini telah dimulai sejak tanggal 23-24 Januari 2021. Giat ini berupa penggalangan dana di jalan dan tanggal 25 Januari melakukan bazzar amal, sehingga total dana yang dikumpulkan mencapai Rp17.730.800.

“Agenda yang kami lakukan dalam penggalangan dana itu ada dua jenis yaitu penggalangan dana di jalan dan bazar amal, alhamdulillah kami mendapat total dana sebesar Rp17.730.800. Kami akan membawa donasi ini langsung ke lokasi bencana agar bantuan yang kami bawa dapat tepat sasaran.” ucapnya.

Arman yang sekaligus menjadi ketua tim, mengatakan rombongan ini, setibanya di Makassar akan membeli kebutuhan sembako, obat-obatan, dan perlengkapan bayi. Setelah melakukan pembelian logistik dan memaketkan bantuan tersebut, pihaknya akan langsung menyalurkan melalui jalur darat dari Kota Makassar ke pusat gempa di Mamuju Sulawesi Barat.

Ia menambahkan, tujuan menyalurkan bantuan langsung ke lokasi bencana untuk memastikan jika bantuan yang di bawa bisa tepat sasaran dan dapat secara merata saat di distribusikan. Sehingga tidak ditemukan lagi keluhan warga terkait donasi yang tidak sampai ke tangan warga.

“Tujuan kami mengantar langsung ke lokasi bencana, agar kami bisa memastikan jika bantunan yang kami bawah tepat sasaran sehingga kami tidak menemukan keluhan dari warga yang terkena dampak gempa melalui donasi yang kami bawah,” tutup Arman.

Reporter: Muhammad Manggis
Editor: La Ode Muh. Abiddin