Penderita Ganguan Mental di Buteng Butuh Uluran Tangan

73
Ketua Penggerak Posko Peduli, Melani bersama Wa Lani (23), penderita ganguan mental. (Dok. for suryametro.id)

LABUNGKARI, suryametro.id – Wa Lani (23), warga Desa Lowu-Lowu Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), yang menderita ganguan mental saat ini membutuhkan uluran tangan para dermawan untuk biaya pengobatan.

Wa Lani yang telah dikarunia satu anak, tergolong warga tidak mampu, ia juga telah lama menderita ganguan mental. Saat itu pernah menjalani pengobatan di Rumah sakit Jiwa (RSJ) Kota Kendari Sultra.

Dalam proses pengobatannya saat itu, Wa Lani telah dinyatakan sembuh dari penyakit yang di deritanya tepatnya satu tahun silam. Akan tetapi berjalan waktu, ganguan mentalnya kembali kambuh.

Saat didatangi Relawan Posko Berbagi, Melani mengatakan, ganguan mental Wa Lani sebenarnya sudah mendapatkan kesembuhan, akan tetapi obat penyembuhannya tidak lagi digunakan secara rutin dan juga beban pikiran, sebab suaminya telah pergi dan menikah dengan orang lain.

“Tahun lalu wa Lani ini pernah saya bawa ke RSJ di Kendari, dibiayai dari kepala desa lowu-lowu untuk mendapatkan kesembuhan. Tapi yang membuat penyakitnya kambuh kembali dikarenakan kehabisan obat dan saya dengar terbebani pikiran karena suaminya yang telah menikah lagi,” kata Mey sapaan akrab Melani saat dikonfirmasi via telepon, Minggu (21/2/2021).

Lanjutnya, kondisinya Wa Lani saat ini sangat memprihatikan, sekarang ganguan kejiwaannya makin parah dan sewaktu-waktu penyakitnya kambuh dan dapat melakukan tindakan pemukulan kepada orang tuanya.

“Jika penyakitnya kambuh Wa Lani melakukan tindakan kekerasan terhadap orang tuanya, oleh karena itu harus secepatnya disembuhkan. Apalagi anaknya masih kecil dan tidak dapat dirawat oleh orang tuanya,” ucapnya.

Ditambahkan, untuk mendapatkan biaya pengobatan dan dirujuk kembali di RSJ Kota Kendari. Mey sebagai ketua penggerak posko peduli, melakukan Open donasi Bantuan Dana untuk wa lani agar secepatnya mendapatkan tindakan medis untuk penyembuhannya.

“Saya harapkan kepada kesempatan ini untuk seluruh derwawan untuk dapat membantu Wa Lani, melalui Donasi Rekening BCA 8735402168 A.n Melani atau langsung hungbungi nomorku 081355830400,” tutupnya

Reporter : Ahmad Subarjo
Editor: La Ode Muh. Abiddin