Penjaja Kuliner di Wakatobi Menjamur

185
Salah satu penjual kuliner cepat saji di Wakatobi. Foto: Samidin/suryametro.id

WANGI-WANGI, Suryametro.id – Kabupaten Wakatobi merupakan daerah kepulauan yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Ternyata, selain keindahan alam lautnya yang menakjubkan, di daerah yang 97 persennya adalah lautan ini juga menjadi surga bagi peminat wisata kuliner.

Sejak beberapa tahun terakhir, penjaja kuliner di kabupaten mengalami peningkatan yang terbilang signifikan hal itu diungkapkan pendamping Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kabupaten Wakatobi Ai Muslimah. Ia menyebutkan menjamurnya penjaja kuliner di kabupaten Wakatobi dapat dilihat dari pertumbuhan UMKM di pulau Wangi-wangi.

“Kita bisa lihat saja bagaimana dari ujung Liya hingga ke Wanci penjaja kuliner sudah sangat banyak,” ucapnya saat ditemui di kantor dinas Koperasi, UMKM dan Ketenagakerjaan, Kamis (11/02/2021).

Lanjut Dia, Kuliner yang dijual pun bervariatif mulai dari penjual Kasoami, Ikan Bakar, Roti, Nasi Bambu dan berbagai macam sayur-sayuran.

“Kita bisa lihat antusias masyarakat dalam menumbuh kembangkan UMKM di Wakatobi. Ini juga menggambarkan bahwa mindset masyarakat kita sudah berubah. Jika dulu orang beripikir bahwa yang bekerja dan menghasilkan uang hanya orang-orang yang berpakaian dinas, sekarang justru pengusaha lah yang menjanjikan,” jelasnya.

Angka penjual kuliner di Wakatobi memang cukup meningkat signifikan dua tahun terakhir ini. Pada tahun 2019 terdapat 14.665 pelaku UMKM dan naik siginifikan ditahun 2020 menjadi 19.005 pelaku UMKM. Jika dipresentasikan angka itu mencapai 26 persen.

“Ini terjadi karena faktor mudahnya mengakses modal di bank, daya beli masyarakat, kesadaran tentang kewirausahaan dan mindset tentang pekerjaan bukan hanya PNS,” ungkapnya.

Reporter: Samidin
Editor: Herman Erlangga