Polemik Aset Buton vs Baubau Berakhir Damai

54 views
Konflik aset Baubau vs Buton berakhir damai. Foto: Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.net – Seluruh aset Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton yang ada di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), secara resmi diserahkan ke Kota Baubau. Rapat terkait penyerahan aset tersebut, dipimpin langsung Gubernur Sultra, Ali Mazi di Kendari hari ini Senin, 25 Januari 2021.

Pemerintah Kota Baubau melalui pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, La Ode Darussalam mengatakan, terkait polemik aset Pemda Buton yang ada di Kota Baubau, secara keseluruhan telah teselesaikan dan berakhir damai antara kedua belah pihak. Dimana sebelumnya, sempat terjadi perselisihan saat Pemkot Baubau mencoba mengambil alih sejumlah aset yang belum diserahkan oleh Pemda Buton seperti rumah jabatan Bupati Buton dan beberapa bangunan lainnya yang masih dikuasai Pemda Buton.

Konflik Aset Baubau vs Buton berakhir damai. Foto: Doc. suryametro.id

“Dengan ini, Pemerintah Kota Baubau berterima kasih kepada Gubernur Sultra yang telah memfasilitasi Kota Baubau dan Kabupaten Buton dalam hal penyelesaian sengketa aset,” ungkap Darusalam dalam konferensi pers di kantornya Senin malam, 25 Januari 2021.

Darusalam berharap, dengan adanya persoalan aset ini tidak memutuskan persaudaraan kedua daerah.

“Saya berharap persoalan aset ini tidak memutus persaudaraan kedua wilayah ini, karena pada dasarnya kita memang tidak terlepas dari persaudaraan,” harapnya.

Reporter: Novi
Editor: Adhil