PON XX 2021 Resmi Dibuka, Presiden Jokowi: Bangga di Tanah Papua

18
Foto: Presiden Jokowi resmi membuka perhelatan PON XX Papua 2021 (YouTube Sekretariat Presiden)

PAPUA, suryametro.id – PON XX 2021 Papua resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi mengungkapkan rasa bangganya dengan gelaran di Bumi Cendrawasih tersebut.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, PON XX Papua secara resmi dibuka,” kata Jokowi dalam siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

“Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua.”

“Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas papua, serta pengembangan SDM Papua adalah capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan,” ucapnya.

Jokowi berharap agar PON XX 2021 diisi dengan segala sukacita dan menjunjung sportivitas. Ajang ini juga menjadi momentum dan ruang untuk menjalin kebersamaan.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita unjuk partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” katanya.

Presiden Jokowi meminta anak-anak muda Papua mengikuti jejak para tokoh olahraga hingga para senimannya. Usai sambutan Jokowi, acara dilanjutkan dengan pesta kembang api yang disaksikan dengan meriah dan sorak-sorai penonton.

Sebelumnya, sambutan telah disampaikan Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mayjen TNI (Purn) Norman Sasono dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Dalam pembukaan ini, sebelumnya juga ditampilkan aksi koreografi serta dinyanyikannya lagu ‘Aku Papua’ gubahan Franky Sahilatua, dinyanyikan oleh Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay.

Ditampilkan juga tari-tarian berkostum serba-nuansa Papua serta boneka patung burung Cenderawasih. Perwakilan 34 provinsi di Indonesia turut meramaikan lewat aksi defile.

(detik.com)