POPDA II Tingkat Provinsi, Konsel Hanya Turunkan Tiga Cabor

65
Peserta POPDA II Kabupaten Konsel. (Dok suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) II Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dihelat, pembukaan kegiatan dipusatkan pelataran ex-MTQ Kota Kendari dan dibuka oleh Gubernur Sultra H Ali Mazi, dihadiri langsung Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta, Rabu (24/3/201)

Pelaksanaan POPDA II kali ini, hanya mempertandingkan enam Cabang Olahraga (Cabor), diantaranya tenis meja, bulutangkis, sepak takraw, kempo, silat dan karate. Hal ini dikarenakan pandemi dan demi mencegah penyebaran virus covid-19. Kegiatan juga diikuti 17 Kabupaten/Kota se-Sultra.

Untuk Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sendiri, turut andil dalam POPDA tersebut, dengan hanya mengikuti tiga Cabor saja, yakni karate, kempo dan silat. Dengan memboyong 25 atlet pelajar terbaik, yang pelaksanaannya mulai dari tanggal 23-27 Maret 2021.

Pj Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe mengatakan, pihaknya menyampaikan harapannya agar para atlet bisa menjadi yang terbaik, dan mampu mengharumkan nama daerah dengan menyumbangkan medali. Namun menurutnya yang terpenting, adalah bagaimana para pelajar bisa mengasah bakat dan meningkatkan kemampuan dirinya.

“Sekaligus mampu mengukir prestasi, yang nantinya dapat mewakili Konsel dan berkiprah pada ajang tingkat nasional,” imbuh Andi Tenri.

Ia juga berpesan, agar para atlet Konsel tetap menjaga peforma, kesehatan fisik dan mental, agar selalu tampil prima pada setiap pertandingan.

“Serta tetap taat menerapkan disiplin protokol kesehatan, agar tidak tercipta cluster baru usai lomba,” tandasnya.

Sementara itu, Kadispora Konsel Burahim menyampaikan optimisnya bahwa atlet Konsel, bisa menorehkan prestasi membanggakan dan mencapai target yang diinginkan.

“Dari enam cabor yang diperlombakan, Konsel hanya ikut tiga cabor. Hal tersebut karena keterbatasan anggaran, namun pihaknya tetap optimis lomba, bisa dimenangkan dengan target peroleh emas setiap Cabor yang kita ikuti,” ungkap Burahim.

Target tersebut cukup realistis, kata ia, karena Atlet Konsel telah melakukan persiapan maksimal dalam menghadapi setiap lomba.

“Namun saya berpesan jangan pandang enteng kemampuan lawan, tetap fokus dan bertanding sportif dengan target medali,” pungkasnya.

Kegiatan pertandingan antar pelajar ini mengangkat tema, “Melalui penyelenggaraan POPDA II Tahun 2021 kita pupuk kebersamaan dan tingkatkan terus pembinaan atlet pelajar Sultra menuju prestasi nasional yang lebih kompetitif”.

Reporter: Udin