Porprov Sultra, 26 Cabor Bakal Diperlombakan di Baubau

174
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, La Ode Darussalam SSos MSi.

BAUBAU, suryametro.id – Terkait dengan persiapan menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porpov) Sulawesi Tenggara (Sultra) Ke-14 tahun 2022 mendatang, Kota Baubau dan Buton dipercayakan akan menjadi tuan rumah.

Sesuai dengan surat yang dikirim ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra, yang dimana dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Baubau bersurat untuk menetapkan lokasi Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan.

Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, La Ode Darussalam menjelaskan, setalah diusulkan, pihaknya kemudian mengusungkan sekitar 26 Cabor yang nantinya akan dilaksanakan di Kota Baubau, dan itu telah di tandatangani oleh ketua KONI Sultra.

“Nah.. setelah itu kami mengusungkan 26 cabor yang dilaksanakan di kota Baubau dan Alhamdulillah ketua KONI dalam hal ini ibu Agista, telah menandatangani surat tersebut, dan menyetujui 26 cabang olahraga dari Pemprov yang akan dilakukan di Baubau,” ucapnya.

“Tetapi ada tanda kutipnya, untuk 26 cabang olahraga itu nanti pada 29-30 Mei mendatang, KONI Sultra akan datang melihat langsung dari kesiapan Venue dari 26 cabor tersebut,” lanjutnya.

Selain itu juga, sebelumnya pihak Dispora Kota Baubau juga telah menghadap pada ketua KONI, yang saat itu didampingi oleh bapak Roni Muhtar selaku Sekda Baubau, untuk berkomitmen akan membenahi venue-venue yang nantinya akan ditetapkan beberapa cabang olahraga tersebut dan pelaksanaan nya ditahun 2022 mendatang.

Untuk regulasi anggaran daerah, Ia mengatakan pada bulan Mei dan perumusannya masuk dalam 2022.

“Untuk regulasi keuangan daerah itu harus bulan Mei ini terakhir untuk perumusan nya masuk dalam 2022 Jadi 26 cabang olahraga itu Alhamdulillah telah mendapatkan persetujuan,” ungkapnya.

La Ode Darussalam, menambahkan untuk persiapan pihaknya mengusulkan lokasinya yang salah satunya adalah stadion Batoambari. Serta berharapannya Pemprov melihat lokasi yang disediakan sehingga layak digunakan.

“Lokasinya kita sudah komplot contohnya Sepakbola lokasinya di stadion, lembah hijau, dan di karing-karing yang nantinya beberapa kita benahi. Dan untuk Stadion sendiri juga kita sudah benahi lapangannya, setelbannya, hingga tribunnya. Mudah-mudahan pemerintah provinsi datang melihat 26 cabor itu karena kita lihat bahwa itu layak, Harapannya semoga itu tidak bergeser. Tetapi ada beberapa yang tidak dilaksanakan di Baubau yang salah satunya contoh golf karena saat ini Baubau belum memiliki lapangan itu dan akan dilaksanakan di Kendari,” tutupnya. (26/5/21)

Reporter: Novi
Editor: La Ode Muh. Abiddin