Prajurit TMMD Seperti Keluarga, Sebulan Penuh Gotong Royong Bersama

60
Kepala Desa Sangia Arano, Arman Kandu. Foto: Adhil/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Tidak terasa, satu bulan penuh sejak pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110, sejak dibuka pada Selasa (02/03/2021) hingga hari ini Rabu (31/03/2021). Seluruh prajurit TNI Kodam XIV Hasanuddin dibawah pimpinan Mayjen TNI Andi Sumangerukka, dibawah komando Kodim 1413 Buton, berbaur dan hidup bersama masyarakat. Bahkan secara bergotong royong jalankan program TMMD secara suka rela.

Bahkan kehadiran prajurit TNI, dianggap sebagai hadirnya keluarga baru untuk masyarakat di Desa Sangia Arano, Mulya Jaya dan Harapan Jaya, tiga desa sasaran TMMD.

“Kegiatan TMMD sudah selesai, tentu sedih juga kami akan berpisah kedengan prajurit TNI yang satu bulan hidup berdampingan dengan masyarakat,” kata Kepada Desa Sangia Arano, Arman Kandu.

Dengan perasaan terharu Arman mengatakan, kehadirian anggota TNI di program TMMD membawa dampak positif yang cukup besar di desa yang dipimpinnya itu. Masjid yang awalnya berukuran kecil, disulap jadi bangunan besar dan luas, saluran drainase yang buat juga diyakini menjawab kekhawatiran warganya dari masalah banjir setiap musim penghujan tiba, perbaikan jembatan penyeberangan yang merupakan akses utama menuju lokasi pertanian dan perkebunan warga hingga dibuatkan ruang terbuka hijau.

“Tanpa TMMD, semua itu kita pastikan sulit untuk terwujud. Tidak ada anggaran desa untuk semua pekerjaan itu. Kalaupun ada, mungkin hanya bisa sedikit membantu atau mungkin dicicil persatu item pekerjaan. Nah dengan TMMD ini, semuanya terselesaikan sekali komando,” kata Arman memuji semangat gotong royong prajurit TNI.

Tidak hanya para pria yang ikut membantu, Ibu-Ibu hingga gadis remaja juga tidak tinggal diam. Selain ikut membantu bekerja seadanya mengangkat bahan material sesuai kemampuan, makanan pengisi perut yang kosong secara bersama-sama dihidangkan tepat waktu.

“Bagaimana tidak sedih, walau cuma satu bulan bersama, mereka sudah seperti keluar sendiri,” kata Arman Kandu.

Arman berharap, Desa yang pimpinnya bisa kembali jadi sasaran TMMD di tahun-tahun yang akan datang.

“Terima kasih sekali lagi saya ucapkan mewakili seluruh warga desa. Apa yang sudah dihasilkan di program TMMD ini, akan kita jaga dan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tambah Arman menutup.

Penulis: Adhil