PT Antam Ancam Proses Hukum PT TPI, PT LAM dan Aceng Surahman

439 views
PT Antam Ancam Proses Hukum PT TPI, PT LAM dan Aceng Surahman. Doc. suryametro.id

KONUT, suryametro.id – PT Antam Tbk bakal tempuh jalur hukum untuk melaporkan PT Trimegah Pasifik Indonusantara (TPI), PT Lawu Agung Minim (LAM) selaku Perusahaan Penambangan dan Aceng Surahman ke Polisi.

Upaya hukum yang akan ditempuh PT Antam, tertuang dalam surat resmi ditandatangani langsung Direktur Utama PT Antam Nicolas D Carter.

Dalam surat tersebut, terdapat dua poin yang menjadi teguran keras bagi PT TPI dan Aceng Surahman dalam melaksanakan penambangan di lokasi penambangan milik PT Antam

Pertama, berdasarkan surat klarifikasi dari KSO MTT nomor 05/KSO-MTT/2022 tanggal 24 Februari 2022, menyebutkan bahwa baik itu KSO MTT maupun LAM, tidak mempunyai kontrak dan tidak bekerjasama dengan PT TPI ataupun Aceng Surahman dalam melaksanakan kegiatan kerjasama dalam penambangan di dalam WIUP OP Antam.

“Kedua, sekiranya nanti terdapat fakta bahwa TPI dan/ Sdr Aceng surahman maupun pihak lain yang melakukan kegiatan penambangan di dalam WIUP OP Antam tanpa persetujuan Antam, maka Antam akan melakukan segala tindakan hukum sesuai ketentuan yang berlaku guna kepentingan Antam sebagai pemegang IUP OP Antam yang sah,” tulis Dirut PT Antam dalam surat pernyataan resminya, Senin (21/03/2022).

Perlu di ketahui, PT TPI dan Aceng Surahman, di duga telah melakukan penambangan ilegal dengan berdalih menggunakan kontrak kerjasama dengan PT Antam Tbk.

Dalam proses penambangan or nikel oleh PT TPI dan Aceng Surahman, diduga telah melakukan penyerobotan lahan di WIUP PT Antam Tbk di Kabupaten Konawe Utara.

Proses penambangan or Nikel oleh PT TPI dan Aceng Surahman dalam beberapa waktu terakhir, dinilai telah melanggar hukum sehingga terjadi gejolak akibat mendapatkan penolakan dari masyarakat.

Editor: Adhil