Puluhan Kios di Pasar Wameo Diterjang Ombak

97
Puluhan kios rusak parah di pesisir pantai pasar wameo akibat diterjang ombak. Foto: La Ode Muh. Abiddin

BAUBAU, suryametro.id – Gempuran ombak yang tinggi di perairan Baubau, menghacurkan puluhan kios pedagang di Pasar Wameo, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Senin (21/2/2022).

Dalam pantauan suryametro.id, tak ada korban jiwa terkait peristiwa itu, namun ombak yang kurang lebih setinggi lima hingga enam meter itu membuat kios para pedagang yang berada di area pesisir pantai menjadi rusak berat. Selain itu, air laut meluap hingga ke badan jalan.

“Anginnya ini dari tadi malam, tapi tidak terlalu kencang. Nanti kurang lebih jam 10.00 Wita tadi itu sudah mulai angin kencang dan disertai dengan gelombang pasang, sehingga menyebabkan seperti ini,” kata salah seorang warga La Ode Abdul Tamin.

Ia mengatakan, akibat dari peristiwa ini ada kurang lebih 30 kios pedagang yang berada di area pesisir pantai mengalami rusak berat. Sehingga memaksa para pedagang harus mengevakuasi barang dagangannya untuk diungsikan.

“Semua kondisi warung yang ada di sepanjang pesisir pasar wameo ini rusak parah,” jelasnya.

Abdul Tamin mengaku, peristiwa ombak besar disertai angin kencang yang mengakibatkan puluhan kios rusak baru kali pertama lagi terjadi.

“Kalau pengalaman kami warga di pesisir pantai, peristiwa ini baru terjadi setelah kurang lebih 10 sampai 20 tahun yang lalu. Ini yang terparah, kalau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Penulis: La Ode Muh. Abiddin