Raih Juara di Popda Sultra, Bupati Buton Beri Atlet Bonus

38
Bupati Buton La Bakry, saat memberi bonus kepada atlet yang meraih medali. (Foto: Dinas Kominfo Buton)

BUTON, suryametro.id – Berhasil meraih medali diajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) II Sulawesi Tenggara (Sultra), Bupati Buton menyerahkan bonus kepada atlet yang mendapatkan medali.

Peyerahan bonus dihadiri Sekda Buton selaku Ketua Cabor Karate, serta sejumlah Kepala OPD, ketua-ketua Cabor dan Pengurus KONI Buton, yang digelar di Aula Kantor Bupati Buton, Jum’at (7/5/2021).

“Sesuai komitmen Bupati Buton pada saat pembukaan Popda yang lalu, beliau memberikan motivasi kepada para atlet jika mendapatkan juara 1 akan diberikan bonus sebesar Rp 5 juta untuk medali emas, Rp 4 Juta Medali perak, dan Rp 3 Juta untuk medali perunggu. Selain uang saku secara resmi yang disiapkan dari Dispora dan Bupati Buton. Ini suatu wujud bahwa memang Bupati Buton serius dalam menghadapi Poprov,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buton, La Ode Zainuddin Napa.

Ia merincikan, jumlah atlet Popda dari Kabupaten Buton sebanyak 57 orang terdiri dari, Karate 9 orang, Pencak Silat 4 orang, Atletik 20 orang, Sepak Takraw 16 orang, dan Tenis Meja 8 orang.

Dari 5 cabor yang diikuti, hanya 3 cabor yang menyumbangkan medali diantaranya, Karate 1 perak dan 1 perungggu, Atletik 2 perak dan 1 perunggu, Sepak Takraw 1 perak dan 1 perunggu. Jumlah seluruhnya 4 perak dan 4 perunggu.

Pada ajang itu, atlet Buton yang bertanding di Cabor Atletik, Wa Ode Fadila Sri Rezeki Umar yang masih kelas 6 SD sudah pecahkan rekor standar atlet atletik.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten, Bupati Buton menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada para atlet yang telah mengharumkan nama Kabupaten Buton pada kegiatan POPDA II Sultra Tahun 2021,” kata Zainuddin.

Dia menyampaikan, atlet yang mendapatkan medali atau yang belum memperoleh medali, untuk lebih meningkatkan kualitas dan penguasaan teknik.

“Kita juga semua harus mendorong dan membina atlet-atlet kita guna menghadapi ajang yang lebih bergengsi ke depannya,” katanya.

Bupati juga menegaskan, KONI mengkoordinir kegiatan olahraga, termasuk masing masing cabor melakukan inisiatif untuk persiapan menjadi tuan rumah Porprov di tahun 2022. Itu harus sukses prestasi dan juga sukses penyelenggaraan.

“Saya berharap seluruh jajaran yang terkait untuk memaksimalkan persiapan kita. Terkhusus untuk Cabor setidak-tidaknya harus mempunyai daftar atlet yang bisa di dorong dilatih, dimotivasi. Sejak dini mereka harus ditanamkan jiwa dan semangat bahwasanya mereka tampil di ajang-ajang bergengsi mewakili Buton. Kita tanamkan kepercayaan diri. Kita ini adalah Buton,” pungkasnya.

Berikut adalah daftar, cabang olahraga yang menyumbangkan medali untuk Kabupaten Buton dan mendapat Bonus dari Bupati Buton, yakni :

1. Cabor Karate :
– Dwi Rahmadani Hamza, merebut medali 1 perak, bonus sebesar Rp 4 juta,.
– Yogi Prana, memperolah 1 medali perunggu, bonus Rp 3 juta.

2. Cabor Atletik :
– Wa Ode Fadilla Tri Rezeki Umar, menyumbang 1 medali perak, bonus Rp 4 juta.
– Yusri Indrayani Tihu, meyumbangkan 1 medali perak, bonus Rp 4 juta dan 1 medali perunggu, bonus Rp 3 juta.

3. Cabor Sepak Takrow
– Zeti Mazlen, menyumbang 1 medali perunggu, bonus Rp 4 juta.
– Harman, menyumbang 1 medali perunggu, bonus Rp 4 juta.
– Cinta Aulia, 1 medali perak, bonus Rp 6 juta.

Penulis : La Ode Muh. Abiddin