Rayakan HUT ke 55, BPJS Kesehatan Baubau Gelar Aksi Donor Darah

469 views
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Hery Zakariah turut serta dalam kegiatan donor darah rangakaian HUT ke 55. Ist

BAUBAU, suryametro.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengadakan kegiatan donor darah dalam rangka menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 yang bertemakan “Transformasi Mutu Layanan, Komitmen Bersama Demi Kesejahteraan Bangsa,” Selasa (11/07/2023).

Dalam semangat kebersamaan, BPJS Kesehatan Cabang Baubau bekerjasama dengan UTD PMI Buton menyelenggarakan kegiatan donor darah yang berlangsung di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Baubau, dan diikuti oleh Duta BPJS Kesehatan termasuk stakeholders mitra BPJS Kesehatan, dengan total partisipasi mencapai lebih dari 80 orang. Hal ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat, dan contoh nyata komitmen Duta BPJS Kesehatan dalam membantu sesamanya.

“Selain untuk menambah stok ketersediaan kantong darah bagi Palang Merah Indonesia (PMI), donor darah ini juga besar manfaatnya, seperti mencegah beberapa risiko penyakit, dan bisa mendeteksi penyakit serius. Donor darah juga mendorong proses peremajaan sel-sel darah, sehingga darah di dalam tubuh kita akan digantikan oleh darah baru yang lebih sehat, jadi tubuh bisa menjadi lebih bugar dan produktif lagi dalam bekerja,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Hery Zakariah yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Selain di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Baubau, kegiatan donor darah ini juga dilakukan secara serentak oleh Kantor Pusat, Kantor Kedeputian Wilayah dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai wujud semangat dan komitmen Duta BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, yang harus dirasakan oleh setiap masyarakat di penjuru negeri.

Donor darah memiliki peran penting dalam dunia kesehatan, darah yang didonorkan menjadi sumber kehidupan bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah, seperti penderita penyakit kronis, korban kecelakaan, serta mereka yang menjalani operasi. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima donor darah, tetapi juga bagi para pendonor sendiri.

Selain berkontribusi dalam membantu sesama, para Duta BPJS Kesehatan yang melakukan donor darah juga mendapatkan manfaat kesehatan.
Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wujud nyata dari semangat transformasi mutu layanan. BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan yang diberikan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Melalui kegiatan donor darah ini, transformasi mutu layanan merupakan komitmen bersama untuk mencapai bangsa Indonesia yang semakin sehat.

Dengan semangat transformasi mutu layanan dan komitmen bersama, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Melalui kegiatan donor darah ini sebagai bukti bahwa BPJS Kesehatan tidak hanya menjadi lembaga negara dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan, tetapi juga menjadi bagian yang peduli dan berkontribusi dalam memajukan kesehatan bangsa.

Kegiatan ini juga sejalan dengan program-program lain yang telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan, seperti penyuluhan kesehatan, kegiatan sosial, dan pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu. BPJS Kesehatan berharap bahwa melalui berbagai inisiatif tersebut, mereka dapat terus memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. (Adm)