Roni Muhtar Kukuhkan Paskibraka Kota Baubau

21
Sekda Kota Baubau Roni Muhtar, saat memberikan selamat kepada anggota Paskibraka usai di kukuhkan. (Foto: La Ode Muh. Abiddin)

BAUBAU, suryametro.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Roni Muhtar, secara resmi telah mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di rumah jabatan Wali Kota Baubau, Senin (16/8/2021). Roni Muhtar mengaku merasa terharu, karena meski dalam masa pandemi Covid-19, pengukuhan tersebut tetap berjalan dengan penuh hikmat.

“Walaupun pelaksanaan acaranya disesuaikan dengan kondisi, karena kita sementara menerapkan PPKM Mikro, namun acara ini telah terlaksana dengan luar biasa dan penuh hikmat. Saya merasa ada keharuan di saat mereka menyatakan janji untuk berperan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka setelah melalui latihan yang cukup lama dan berat,” ucapnya.

Ia berharap, dalam melaksanakan tugasnya, anggota Paskibraka dapat melaksanakannya dengan baik dan sukses, serta dapat menjadi kebanggaan Daerah. Selain itu, ia menyadari, dalam pelaksanaan tugas Paskibraka Tahun ini tidak semudah tahun-tahun sebelumnya karena harus mengikuti protokol kesehatan.

“Sebagaimana biasa, setiap kita merayakan HUT Kemerdekaan RI, setiap tahunnya pasti ada kenangan dari catatan sejarah yang kita pernah baca. Baik bagi kita yang tidak pernah merasakan perjuangannya terlebih lagi bagi mereka yang merasakan perjuangannya, pasti itu akan mengental dalam dirinya betapa luar biasanya perjuangan itu,” kata Roni.

Sebagai generasi muda, Roni mengimbau, agar segala hasil perjuangan para pahlawan tersebut dapat disyukuri dengan menjadikan diri sebagai warga negara yang baik dan berkualitas. Serta dalam moment kemerdekaan ini, dapat diisi dengan hal-hal yang positif dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kedamaian.

“Tentu kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan melakukan upaya-upaya positif, di antaranya ialah menghindari Hoax, serta menjaga persatuan dan kesatuan. Karena itu modal kita, karena kita merdeka ini adalah buah dari persatuan dan kesatuan para pahlawan kita dalam melawan para penjaja untuk menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka,” jelasnya.

Disisi lain, Kadispora Kota Baubau, La Ode Darusalam menuturkan, Paskibraka yang baru dikukuhkan tersebut telah melewati proses latihan yang cukup berat selama kurang lebih satu bulan. Selain itu, proses latihan juga dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19 dengan jaga jarak dan wajib pakai masker.

“Hari ini bangga rasanya karena telah dikukuhkan Paskibraka Kota Baubau ini, yang sudah berlatih selama lebih kurang satu bulan. Alhamdulillah selama latihan hingga pada acara pengukuhan ini kita tetap menaati protokol kesehatan, dan sebelum latihan mereka divaksin terlebih dahulu. Hal ini dilakukan tentu agar mereka betul-betul terjaga kesehatannya,” tuturnya.

La Ode Darusalam menjelaskan, pada saat anggota Paskibraka masuk Dispora, mereka terlebih dahulu melakukan vaksin tahap pertama dan akan melakukan vaksin tahap dua setelah selesai perayaan 17 Agustus. Ia juga memaparkan, total jumlah anggota Paskibraka adalah 70 orang dari seluruh SMA, SMK, Madrasah Alia, dan Pondok Pesantren yang ada di Kota Baubau.

La Ode darusalam juga mengungkapkan, dalam pelaksanaan penaikan bendera tahun ini ada beberapa perubahan dari kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, dalam pelaksanaannya, baik penaikan maupun penurunan bendera, personil yang ditugaskan untuk mengambil dan membawa bendera tidak menerima atau menyerahkan bendera tersebut kepada inspektur upacara.

“Inilah tingkat kesulitannya, karena kita mengubah kebiasaan lama dari tingkat Nasional hingga ke tingkat Daerah. Jadi ini benar-benar agak sulit, ditambah lagi mereka harus menggunakan masker selama mengikuti latihan ini hingga pada pelaksanaan upacara 17 Agustus. Semua perubahan iini adalah instruksi dari pusat agar dilaksanakan sampai ke tingkat daerah,” ujarnya.

“Jadi pembawa baki mengambil sendiri benderanya dan Inspektur Upacara hanya menyaksikan. Kemudian ada hal yang baru yang saya usulkan di Kota Baubau, yaitu pasukan empat lima yang selama ini tidak beraktivitas di dalam lapangan, tahun ini kita aktifkan dan kita buka barisannya semua sehingga mereka bisa menghasilkan formasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Editor : La Ode Muh. Abiddin