Rp1 Miliar Dana Perbaikan Dermaga Kapota

289
Rp1 Miliar Dana Perbaikan Dermaga Kapota, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi. Foto: Samidin/suryametro.id

WANGI-WANGI, Suryametro.id – Tahun ini, dermaga rakyat pulau Kapota, kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, dapat bantuan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp1 miliar. Dana tersebut bakal digunakan untuk perbaikan dermaga.

Kepala dinas perhubungan kabupaten Wakatobi, Hariadin diruang kerjanya, Senin (9/02/2021) mengatakan, sesuai dengan permintaan masyarakat, dermaga yang menjadi titik keluar masuknya kapal-kapal rakyat tersebut tahun ini akan dipoles sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam urusan transportasi laut.

“Memang kalau saya lihat, jembatan Kapota sudah cukup parah, makanya tahun ini kita akan percantik agar memudahkan aktivitas masyarakat kita disana dalam beraktivitas,” katanya.

Untuk merealisasikan perbaikan Dermaga pulau Kapota tahun ini, Hariadin melanjutkan, Ia masih menunggu pihak konsultan untuk menyelesaikan bagaimana designnya.

“Kalau memang butuh ruang tunggu kita akan bangunkan, atau kita bikinkan tangga disamping pelabuhan supaya masyarakat tidak setengah mati naik atau turun dari Jonson. Atau kita bikinkan dengan tiang untuk pengikat talinya jonson,” lanjutnya.

Selain itu, Ia berencana akan melakukan studi banding di Manado untuk melihat bagaimana perahu-perahu disana dioperasikan oleh nelayan serta bagaimana mereka menjalankan komunitas operator kapal rakyat.

“Nanti kita kesana untuk melihat bagaimana mereka buatkan komunitas untuk para operator kapal-kapal ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, Dermaga Kapota yang direncanakan akan diperbaiki tahun ini merupakan satu-satunya tempat berlabuhnya kapal-kapal kecil milik rakyat di pulau Kapota. Kapal-kapal kecil ini menjadi alat transportasi masyarakat Kapota untuk menyeberang ke pulau Wangi-wangi sebagai pusat Kota.

Reporter: Samidin
Editor: Herman Erlangga