Sambut HUT Dokes ke-75, Polres Kolaka Utara Lakukan Penyuluhan HIV/AIDS

43
Polres Kolaka Utara saat menggelar penyuluhan HIV/AIDS, dalam rangka HUT Dokken ke 75 - Foto: Rahman/suryametro.id

KOLAKA UTARA, suryametro.id– Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Dokter dan Kesehatan (Dokkes) ke-75, Tim Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Kolaka Utara melaksanakan penyuluhan tentang HIV/AIDS, Jumat (04/06/2021).

Pada kegiatan itu, dihadiri langsung Kapolres Kolaka Utara AKBP I Wayan Riko Setiawan, bersama Wakapolres Kompol Bambang Eko Purwanto, para Kabag, Kasat, serta Ibu Bhayangkari Polres Kolaka Utara dan Personel Polres Kolaka Utara yang telah ditunjuk untuk mengikuti sosialisasi tersebut.

Dalam sambutannya, AKBP I Wayan Riko Setiawan mengatakan, penyuluhan kesehatan ini dalam rangka menyambut HUT Dokkes yang ke-75. Semoga, materi yang akan sampaikan oleh Dr Nurlela bisa dipahami dan dimengerti tentang bahaya penyakit HIV/AIDS.

“Saya harap, agar selepas kegiatan ini para peserta bisa mensosialisasikan kepada kelurga, kerabat maupun ke pada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Dr Nurlela selaku pemateri dalam penyuluhan memaparkan, HIV Human Immunodeficiency Virus atau yang dikenal dengan HIV, merupakan virus yang bekerja dengan cara merusak sistem kekebalan tubuh.

“Virus ini menginfeksi dan menghancurkan sel CD4, dan ketika Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan sangat berbahaya, berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS ( Adquireed Immune deficiency Syndrome),” tangkasnya.

Sementara AIDS adalah, tahapan stadium akhir dari infeksi virus HIV, dimana Pada tahap ini kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang dan sampai saat ini pun belum ada obat untuk menagani HIV dan AIDS.

“Akan tetapi ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut yang dapat meningkatkan harapan untuk hidup”, ungkapnya.

Lanjutnya, ia juga mengingatkan untuk tidak berganti-ganti pasangan karena hal tersebut membuat rentan terinfeksi.

Dalam pelaksanaan penyuluhan ini peserta diwajibkan tetap mematuhi Protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan peserta sosialisasi juga di batasi guna mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Reporter: Rahman