Sandiaga Uno Sebut Benteng Keraton Buton Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

50
Sandiaga Uno mengunjungi pelaku UMKM di Kota Baubau juga menyempatkan diri berbelaja hasil UMKM. Foto: Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (08/06/2022).

Kunjungannya tersebut, dalam rangka melihat langsung lokasi Limbo Wolio, salah satu lokasi desa wisata di Kota Baubau yang berada di dalam benteng Keraton Buton dan masuk 50 besar penilaian desa wisata dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Sandiaga Uno mengungkapkan, Benteng Keraton Buton merupakan salah satu icon penting dalam mendukung Limbo Wolio sebagai salah satu desa wisata di Indonesia. Apalagi, benteng tersebut merupakan benteng telus di Indonesia bahkan dunia.

“Benteng Keraton Buton, merupakan ikon Kota Baubau dan itu harus dijaga dan dilestarikan. Untuk melestarikan itu, memang harus melibatkan seluruh unsur masyarakat dan pemerintah. Sehingga benteng terluas di dunia ini, bisa terus dinikmati anak-cucu sampai ratusan tahun ke depan,” kata Sandiaga Uno.

Selain kegagahan benteng, sistem demokrasi yang diterapkan Kesultanan Buton sejak 1610 silam menjadi daya tarik tersendiri. Menurut Sandiaga, proses pemilihan pemimpin yang dianut Indonesia saat ini sudah lebih dulu diterapkan Kesultanan Buton masa lampau.

“Menariknya, pemilihan pemimpin di Kesultanan Buton dulu dipilih secara demokrasi, jika cakap diteruskan jika seandainya tidak cakap akan dievaluasi,” ujarnya.

“Yang pastinya, jika benteng ini bisa dikelola dengan baik, pasti akan muncul lapangan kerja baru dan juga bisa membantu mendorong tumbuhnya ekonomi yang bekelanjutan,” tambahnya.

Dalam kunjugannya melihat langsung Desa Wisata Limbo Wolio, Sandiaga Uno disambut dengan tarian selamat datang atau tarian galangi, dilanjutkan dengan pemaparan singkat terkait kondisi Limbo Wolio hingga mencoba permainan tradisional lojo bersama Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

Setelah itu didampingi perangkat Kesultanan Buton, Sandiaga juga menyempatkan diri berziarah ke makam Sultan Murhum, Sultan pertama di tanah Buton, lokasi pelantikan Sultan Buton, meriam peninggalan VOC, Masjid Agung Keraton Buton, mengunjungi pedagang sovenir dan pelaku UMKM di Kota Baubau.

Menteri kemudian menikmati pesona Benteng Wolio dengan berkeliling menggunakan sepeda menuju Bastion Kalau. Di alun-alun bastion, Menteri menandatangani prasasti dan memberikan sertifikat, plakat, kepada Pemerintah dan Ketua Pokdarwis.

Editor: Dhany Ode