Santri dan Santriwati di Pondok Pesantren SAW Divaksin

115

BAUBAU, suryametro.id – Kepolisian Resor (Polres) Baubau menggandeng Dinas Kesehatan Kota Baubau menggelar kegiatan vaksinasi di Pondok Pesantren Al-Syeikh Abdul Wahid (SAW), Senin (06/09/2021).

Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari mengungkapkan, program vaksinasi di lingkungan pesantren ini merupakan agenda secara nasional hasil kerjasama antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan staff khusus kepresidenan dan serentak dilaksanakan di lingkungan pesantern se Indonesia.

“Ini adalah langkah awal kita menggelar vaksinasi. Hari ini sekitara 250 santri dan santriwati di pondok pesantren SAW divaksin,” kata Rio Tangkari.

Tidak hanya bagi para santri dan santriwati, vaksinasi ini juga terbuka untuk masyarakat umum baik untuk dosis pertama maupun dosis ke dua. Sehingga diprediksi jumlah peserta vaksinasi berkisar hingga 300 orang lebih.

“Untuk pertama kita laksanakan di pesentren SWA ini. Kedepannya, kita akan jadwalkan ke pesantren-pesantren lain yang ada di Kota Baubau,” tambahnya.

Sementara itu, pimpinan pondok pesantren SAW Baubau, KH Abdul Rasyid Sabirin menyambut baik program vaksinasi di lingkungan pondok pesantren. Namun demikian, dirinya mengakui belum sepenuhnya para santri dan satriwatinya mengikuti program vaksinasi.

“Baru sekitar 40 persen yang ikut vaksin. Semoga ini bisa jadi tolak ukur untuk santri dan santriwati yang lain untuk mau divaksin. Apalagi memang, vaksin ini aman dan sehat,” ucap Rasyid Sabirin.

Sebelum proses vaksinasi, jauh sebelumnya pihak pesantren sudah melakukan sosialisasi. Karena izin dari keluarga santri, terkhusus orang tua sangat dibutuhkan untuk proses vaksinasi.

“Insya Allah, setelah ini semua santri bisa ikut dalam vaksinasi. Karena dengan vaksin, daya tahan tubuh kita serta imun akan lebih baik lagi. Dan kita akan lebih kebal terhadap paparan Covid-19,” kata Rasyid menutup.

Dalam kegiatan itu, selain meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi, Kapolres Baubau juga menyempatkan diri menyerahkan puluhan Al-Quran dan diterima lansung oleh pimpinan pesantren SAW, KH Abdul Rasyid Sabirin.

Penulis: Adhil