Satlantas Baubau Sosialisasi Safety Riding di Kompi A 725 Woroagi

40
Satlantas Baubau Sosialisasi Safety Riding di Kompi A 725 Woroagi. Foto: Adhil/suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Guna meningkatkan disiplin dalam berkendara khususnya bagi prajurit Kompi Senapan (Kipan) A Yonif 725/Woroagi, Anggota Satlantas Polres Baubau berikan sosialisasi Safety Riding yang diikuti seluruh prajurit Kompi A 725

Pasi Intel Kompi A 725, Letda Inf. Fiqi Istiandara mengatakan, Safety Riding atau berkendara dengan aman, disosialisasikan agar seluruh anggota TNI 725 selalu patuh dan taat rambu lalulintas sehingga selalu aman saat berkendara.

“Sosialis Safety Riding ini sangat bagus, karena dengan patuh berlalulintas bisa menekan angka kecelakaan,” kata Letda Inf. Fiqi Istiandara usai kegiatan sosialisasi di aula Kompi A 725, Kamis (28/01/2021).

Dalam sosialisasi itu, materi yang disampaikan diantaranya undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan, batas kecepatan, menggunakan helm SNI, menggunakan safety belt pada kendaraan roda emapt, tidak melawan arus lalulintas, tidak menggunakan HP saat berkendara serta penanganan saat kecelakaan lalu lintas serta dasar hukum tentang berlalu lintas, prioritas terhadap kenderaan vital, seperti ambulance, pemadam kebakaran dan rombongan VVIP.

“Dalam berkendara juga ada beberapa hal yang paling penting harus diperhatikan baik itu dalam berkendara roda empat maupun dalam berkendara roda dua, yaitu kelengkapan-kelengkapan administrasi berupa surat-surat kendaraan bermotor yakni SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraan lainnya yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI),” kara Fiqi mengutip penjelasan anggota Satlantas Baubau saat membawakan materi.

Ditempat yang berbeda, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 725/Woroagi Mayor Inf Muhammad Amin mengatakan, kegiatan Safety Riding bertujuan untuk mendorong seluruh prajurit menjadi pelopor sikap santun di jalan raya, dengan menggunakan peralatan keselamatan berkendara dan turut memberikan edukasi kepada keluarga dan rekan serta masyarakat untuk berlalu lintas dengan baik guna menghindari kecelakaan.

“Siapapun bisa saja menjadi pelaku maupun korban kecelakaan, minimnya pengetahuan tentang Safety Riding dan Safety Driving juga menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu saya mengingatkan kepada seluruh anggota Yonif 725/Woroagi untuk selalu taat berlalu lintas,” ujar Muhammad Amin.

“Dengan adanya penyuluhan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan Prajurit Yonif 725/Woroagi dalam berlalu lintas sehingga menekan angka kecelakaan dan kematian yang disebabkan oleh kelalaian prajurit dalam berkendara,” tutupnya.

Usai menerima penyuluhan tentang Safety Riding, anggota Kipan A Yonif 725/Woroagi kemudian melanjutkan kegiatan di Satlantas Polres Baubau untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi yang belum memiliki.

Penulis: Adhil