Satlantas Polres Wakatobi Belum Berlakukan Tilang Elektronik

132
Kasat Lantas Polres Wakatobi, Suhermin (Foto : Samidin/Suryametro.id)

WANGI-WANGI, suryametro.id – Tilang elektronik yang telah dicanangkan oleh Kepolisian Republik Indonesia nampaknya belum merata di seluruh daerah. Salah satu daerah yang belum menerapkan tilang elektronik yakni Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wakatobi.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Wakatobi, Suhermin mengungkapkan, kendati secara personil Polres Wakatobi sudah siap menjalankan tilang elektronik, alat yang digunakan seperti kamera CCTV dan peralatan lainnya belum tersedia.

“Jumlah kami di Satlantas termasuk saya ada 17 orang secara personil kami siap menjalankan tilang elektronik kalau alat sudah tersedia,” ucapnya.

Sembari menunggu, pengadaan peralatan untuk tilang elektronik, Sat Lantas Polres Wakatobi tetap menjalankan tugasnya di lapangan secara konvensional.

“Kami tetap menjalankan tugas di lapangan, namun karena ini bulan puasa, petugas lalu lintas ditugaskan di tempat-tempat keramaian seperti pasar,” katanya.

Ia berharap, dalam waktu dekat, tilang elektronik di kabupaten Wakatobi sudah bisa diterapkan.

“Mudah-mudahan di launching berikutnya di Wakatobi sudah terapkan tilang elektronik. Sementara ini kita masih menggunakan tilang seperti biasa,” ucapnya.

Kendati Satlantas Polres Wakatobi belum menggunakan tilang Elektronik, sepanjang bulan ramadhan kegiatan preventif untuk mencegah Lakalantas, tak gentar dilakukan.

Satlantas Polres Wakatobi gencar menggelar tindakan-tindakan pencegahan. Tak hanya soal pencegahan Laka Lantas, pihaknya juga sering melakukan sosialisasi protokol kesehatan serta himbauan larangan mudik demi memutus mata rantai Covid 19.

“Bulan Ramadhan ini kami utamakan tindakan-tindakan pencegahan, tetapi jika ada pelanggaran kasat mata kami tetap akan melakukan penindakan,” tutupnya.

Reporter : Samidin
Editor : La Ode Muh. Abiddin