Sejumlah IRT di Lasalimu Selatan Ikut Program KB Gratis dari TMMD

45
Sejumlah Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton ikut program KB Gratis dari TMMD. Foto: Adhil/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Sejumlah ibu rumah tangga (IRT) di Desa Mulya Jaya dan Harapan Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), ikut program keluarga berencana (KB) yang dilasanakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 tahun 2021.

Pemberian KB secara gratis, merupakan salah satu dari beberapa kegitan non fisik TMMD Kodam XIV Hasanuddin dibawah pimpinan Mayjen TNI Andi Sumangerukka, tentunya dengan melibatkan sejumlah petugas kesehatan dari Puskesmas di Kecamatan Lasalimu Selatan.

Program KB yang diberikan yaitu metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) atau alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang meliputi alat kontrasepsi dalam rahim IUD, Implan dan kontrasepsi.

“Ada lima orang tenaga binda yang membantu kami di kegiatan TMMD ini. Untuk hari pertama, ada 16 IRT yang ikut. Tentunya pemberian KB ini masih akan dilakukan hingga beberapa hari kedepan. Semuanya gratis,” kata Dandim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan di konfirmas Kamis, 04 Februari 2021.

Penulis: Adhil