Seluruh Layanan Administrasi Kependudukan di Disdukcapil Buteng Gratis

120
Kepala Disdukcapil Buteng, Syamsuddin. (Foto: Ahmad Subarjo/suryametro.id)

LABUNGKARI, suryametro.id – Bagi masyarakat yang melakukan kepengurusan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra), semua biaya kepengurusanya itu gratis atau tanpa ada biaya.

Kepala Disdukcapil Buteng, Syamsuddin saat ditemui diruangan kerjanya, Selasa (2/2/2021) mengatakan, semua bentuk pengurusan administrasi di Disdukcapil dilakukan secara gratis, sebab telah dianggarkan pemerintah. Namun, jika ada pegawai atau anak magang yang hendak meminta uang atau pungutan liar silakan di laporkan.

“Laporkan ke saya jika ada oknum yang meminta jasa berupa uang, kalau itu pegawai akan dikenakan sanksi tapi jika itu anak magang saya pecat,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk data kependudukan di Buteng yang terdaftar hingga akhir 2020, mencapai 92 persen dari total data 7800 penduduk. Sehingga, masih sekitar delapan persen warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat di Buteng, agar daftarkan diri untuk dilakukan perekaman data secara administrasi kependudukan,” jelasnya.

Disdukcapil Buteng melakukan pendataan kependudukan dengan dua metode, yaitu masyarakat sendiri datang ke kantor atau pihkanya secara langsung mendatangi warga atau disebut jemput bola untuk melakukan perekaman e-KTP.

Peliput: Ahmad Subarjo
Editor: Herman Erlangga