Siap Amankan Unras, Polres Baubau Cek Kesiapan Anggota dan Sarpras

101
Siap Amankan Unras, Polres Baubau Cek Kesiapan Anggota dan Sarpras. Doc. suryametro.id

BAUBAU, suryametro.id – Kepolisian Resor (Polres) Baubau menggelar apel siaga dalmas, Minggu (10/04/2022). Apel yang dipimpin langsung Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo, dilaksanakan di halaman upacara Mako Polres Baubau.

Erwin Pratomo dalam arahannya mengatakan, kegiatan apel siaga tersebut merupakan upaya Polres Baubau untuk memastikan seluruh personilnya siap saat pengamanan unjuk rasa (Unras) serta untuk meninjau langsung ketersediaan sarana dan prasarana saat pengamanan nanti.

Dalam arahannya juga, Erwin dengan tegas meminta seluruh personilnya tidak membawa senjata api saat pengamanan. Jika ditemukan ada oknum yang melanggar, dipastikan akan ditindak tegas langsung oleh propam.

“Apel siaga ini perlu dilakukan sebelum terjun ke lapangan. Dan ini tentu sesuai peraturan Kapolri nomor 01 tahun 2009. Saya juga minta paka Kapolsek sebagai Kapam di wilayahnya masing-masing, agar melakukan pengawasan dan pengendalian jika ada unras. Segera laporkan ke kami semua pekembangan situasinya,” kata AKBP Erwin Pratomo dalam arahannya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Baubau, Iptu Abdul Rahmad menambahkan, secara keseluruhan ada 96 personil Polres Baubau yang disiagakan untuk pengamanan unras, terdiri dari tim negosiator, dalmas, raimas, regu cadangan dan tim dokumentasi.

“Usai apel siap siaga, dilanjutkan dengan latihan bersama untuk mengantisipasi bila mana ada kejadian kontijensi termasuk persiapan menghadapi rencana aksi unras Senin besok oleh sejumlah alinasi di Kota Baubau,” kata Iptu Rahmad menambahkan.

Editor: Adhil