Siswa SMAN 2 Baubau Ikuti Pelatihan Jurnalistik

78
Kepala SMAN 2 Baubau Hasma Ramli, saat memasangkan Id Card peserta pelatihan jurnalis. Foto: Istimewa

BAUBAU, suryametro.id – Guna penguatan pendidikan karakter, puluhan siswa SMAN 2 Baubau mengikuti pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan di ruangan osis SMAN 2 Baubau, Kamis (3/3/2022).

Kegiatan yang melibatkan 27 siswa ini akan berlangsung hingga 5 Maret 2022, dengan mengangkat tema “Melalui workshop jurnalistik kita bangkitkan kreatifitas menulis menuju pelajar yang cerdas dan terampil”.

“Saya harapkan dengan kegiatan ini, para siswa dapat memiliki karakter yang baik serta meningkatkan bakat dan minatnya dibidang jurnalistik,” ucap Kepala Seksi SMA Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra wilayah Baubau-Buton Selatan La Jaman.

Melalui kegiatan pelatihan jurnalistik dengan melibatkan pemateri yang berkompeten dibidangnya, ia berkeinginan para siswa dapat memahami cara penulisan berita yang baik. Selain itu para siswa dapat membedakan produk asli berita ataupun berita hoax.

“Banyak kita liat di Media Sosial berita-berita yang tidak benar. Jadi melalui kegiatan ini juga kami inginkan mereka (siswa) dapat membedakan mana berita baik dan mana berita Hoax,” jelasnya.

Foto: Istimewa

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Baubau Hasma Ramli menjelaskan, kegiatan pelatihan jurnalistik ini akan menjadi agenda tahun yang akan dilaksanakan SMAN 2 Baubau.

“Kami berharap melalui kegiatan jurnalistik, para siswa dapat melakukan menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu pemberitan kepada publik lewat media massa secara teratur,” ucapnya.

Hasma menambahkan, setelah melakukan kegiatan ini para siswa akan dibuatkan wadah dengan membentuk organisasi Jurnalis Siswa di SMAN 2 Baubau. Sehingga kegiatan ini akan terus berkelanjutan.

Penulis: La Ode Muh. Abiddin