Sultra Masuk 6 Besar LCC Museum Tingkat Nasional 2021

81
Foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Pembimbing Siswa dan Kepala Museum Sultra
Ketgam: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Pembimbing Siswa dan Kepala Museum Sultra, Foto : Lindsa Manuara

KENDARI, suryametro.id – Museum Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kembali menggelar Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) SMP/MTs Tingkat Nasional 2021.

Lomba cerdas cermat yang bertemakan “Pelajar Indonesia Berkarakter dan Berprestasi” itu digelar mulai dari 4 hingga 7 Oktober 2021.

Dalam rangka mengikuti lomba tersebut, Museum Sulawesi Tenggara mengadakan seleksi antar SMP/MTs se-Kota Kendari pada Oktober 2020. Para peserta yang lulus nantinya akan dipersiapkan untuk LCC tingkat Nasional ini dan SMPS Kingdom Academy terpilih menjadi perwakilan Sultra.

Walaupun dilaksanakan secara daring via Zoom tetapi tidak menurunkan semangat para siswa untuk mengikuti LCC Museum Tingkat Nasional 2021 ini.

Dari 34 provinsi, ada 31 provinsi yang mengikuti lomba ini dan Sulawesi Tenggara untuk pertama kalinya masuk pada tingkat harapan 3.

Pada babak penyisihan Sultra mendapat skor 600 sedangkan pada babak final mendapat skor 2.900 sehingga masuk kedalam 6 besar.

Pembimbing dari para siswa, Ersin Panggalo menyebutkan sebelum masuk ke babak penyisihan pertama, tim Sultra mengalami sedikit gangguan jaringan sehingga membuat dewan juri dari pusat menunggu selama kurang lebih 30 menit. Meski demikian, gangguan tersebut dapat diatasi hingga penutupan hari ini.

“Dihari yang sama bertepatan pula dengan kegiatan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Kelas 8 sehingga kami mengalami sedikit kendala jaringan, tetapi semua dapat terselesaikan dengan baik sampai hari ini,” kata Ersin, Kamis, 7 Oktober 2021.

Peserta dari LCC Museum ini ada 3 orang dalam satu tim. Yakni, juru bicara, Dominique Ian Tjandra, Keisya Joy Miranda Refwuto dan Verdellion Timothy Chandratama.

Dominique Ian Tjandra berharap prestasi yang mereka berikan untuk Sultra dapat membanggakan dan juga meningkatkan semangat siswa lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara.

“Kami berharap dengann hasil yang kami peroleh dapat membanggakan Sulawesi Tenggara dan juga dapat meningkatkan semangat teman-teman dari sekolah lain untuk lomba-lomba selanjutnya,” ujarnya.

Penulis : Lindsa Manuara