Tahapan Pemilu di Konsel Dimulai Juni 2022

75
KPU Konsel saat menggelar peluncuran hari pemungutan suara Pemilu serentak 2024. Foto: Udin

ANDOOLO, suryametro.id – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), mendukung penuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konsel dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024 mendatang, hal itu disampaikan Sekda Konsel Sjarif Sajjang, Rabu (16/2/2022).

Sjarif mengatakan, pemerintah menunggu usulan anggaran dari KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), ruangnya nanti di APBD perubahan tahun ini dan selanjutnya di APBD induk tahun 2023. Untuk besaran anggaran yang disiapkan, pihaknya belum bisa memberikan gambaran.

“Kami perlu mempelajari hal-hal yang diusulkan oleh KPU dan Bawaslu, tentu saja usulan tersebut bersifat efisiensi, efektif dan rasional,” ujarnya.

Paling utama saat ini, berdasarkan yang disampaikan KPU tentang perubahan data yaitu pemilih pemula, unsur TNI dan Polri yang notabene sudah pensiun, sudah masuk wajib pilih. Jadi itu dulu sasaran yang diselesaikan terlebih dahulu.

Sementara itu, Ketua KPU Konsel Aliudin mengungkapkan, KPU resmi meluncurkan Pemilu 2024 pada Senin 14 Februari 2022, tepat dua tahun jelang hari pemungutan suara.

“Dalam rancangan peraturan KPU (PKPU) mengenai tahapan program dan jadwal Pemilu nanti, pada Juni tahun 2022 sudah masuk tahapan penyusunan peraturan, sosialisasi, dan bimbingan teknis (Bimtek) kepada penyelenggara dan calon peserta Pemilu,” jelasnya.

Persiapan KPU Konsel secara umum, dimulai dengan mematangkan internal menguatkan SDM dan peningkatan kapasitas di lingkungan KPU Konsel. Karena setelah masuk tahapan nanti, KPU sudah siap jalan.

“Kami berharap partisipasi masyarakat menggunakan haknya meningkat, keberhasilan pada Pemilihan Bupati (Pilbup) kemarin, partisipasi masyarakat 83,5 persen diatas target nasional 77,6 persen,” kata Aliudin.

Ia menambahkan, untuk anggaran yang diajukan masih dalam bentuk draft. Pihaknya belum bisa menyampaikan secara rinci. Namun jika sudah ada. pasti akan sampaikan.

Repoter: Udin
Editor: La Ode Muh. Abiddin