Tanggulangi Covid-19, Jokowi Minta Pemkab Konsel Dorong Vaksinasi Massal

32
Pemkab Konsel saat melaksnakan vaksinasi massal di lapangan Ranomeeto. (Dok suryametro.id)

ANDOOLO, suryametro.id – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), sukses melaksanakan vaksin massal serentak diseluruh Kecamatan, yang disaksikan langsung Presiden RI Jokowi melalui layar yang terpasang di Halaman Upacara Kantor Gubernur Sultra, saat memberikan arahan para Kepala Daerah dan Unsur Forkopimda se-Sultra secara luring dan daring, Rabu (30/6/2021).

Kemudian, masyarakat di Kecamatan Konda, Ranomeeto dan Ranomeeto Barat, mengikuti vaksinasi massal di Tribun lapangan sepak bola Sorumba Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konsel.

Dikesempatan itu, Presiden menyapa sekaligus berpesan, agar Pemkab Konsel mendukung program kerja Pemerintah Pusat, dalam penanggulangan wabah covid-19 melalui vaksin massal dengan target sasaran 1 juta vaksin setiap hari.

“Saya minta Pemkab Konsel dorong program vaksinasi massal demi tanggulangi virus corona. Mengejar target 1 juta dan berkembang hingga 2 juta vaksin perhari secara nasional,” perintah Jokowi melalui video conference aplikasi zoom di Lapangan Ranomeeto.

Mencapai target dimaksud, Jokowi meminta Bupati Konsel dan Wakilnya serta Sekda, untuk menggandeng dan membangun sinergi dengan seluruh elemen masyarakat, khususnya unsur Forkopimda, TNI dan Polri. Sehingga target yang telah disepakati bersama dapat tercapai.

Sementara dalam laporannya kepada Presiden Jokowi secara virtual, Sekda Konsel Sjarif Sakang mewakili Bupati Surunuddin mengungkapkan, hari ini Pemkab Konsel telah melaksanakan vaksinasi massal secara serentak diseluruh Puskesmas Kecamatan mulai pukul 08.00 Wita.

“Adapun jumlah yang telah tervaksin, untuk di Tribun Ranomeeto gabungan tiga Kecamatan telah capai 768 dosis pada hari ini,” sebutnya.

Lanjutnya, total target vaksin serentak dalam sehari se-Konsel bekisar diangka 2.500 dosis. Dimana, kegiatan berjalan lancar sukses berkat kerjasama dengan unsur Forkopimda dan TNI – Polri serta kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

Untuk diketahui, dari total sasaran vaksin 42.440 sudah sebanyak 31.442 yang telah tervaksin atau 73.08 persn. Adapun jumlah vaksin yang diterima Pemkab Konsel dari Pemprov Sultra sebanyak 41.300 dosis, yang terpakai 31.606 dosis dengan sisa stok 9.620 dosis.

Reporter: Udin