Tangki Bocor dan Petir Diduga Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

45
Kebakaran Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. (Antara Foto/Dedhez Anggara - detikNews)

INDRAMAYU, suryametro.id – Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran terjadi di tangki T-301G sekitar pukul 00.45 WIB.

Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan dugaan sementara penyebab kebakaran karena terjadinya kebocoran. Saat itu, lanjut Dofiri, kondisi cuaca tengah hujan disertai petir.

“Awalnya ada rembesan. Ada kebocoran tangki dan sedang dalam penanganan. Kemudian ada petir yang menyambar, apakah karena petir atau apa, kita belum tahu kepastiannya,” kata Dofiri kepada awak media di lokasi kejadian, Senin (29/3/2021). Dilansir dari detikcom.

Dofiri memastikan situasi saat ini sudah terkendali. Kobaran api di lokasi kejadian sudah mereda. “Sudah kita lakukan lokalisir. Api saat ini sudah reda dibandingkan tadi malam,” kata Dofiri.

Sebelumnya, kepulan asap hitam masih terlihat di lokasi kebakaran Kilang Pertamina Balongan. Menurut data yang dihimpun, api masih belum padam total. Petugas gabungan dan pihak Pertamina meminta warga sekitar untuk mengevakuasi. Hal itu sebagai upaya sterilisasi di lokasi kejadian.

“Situasi saat ini terkendali. Api memang masih menyala, tapi terkendali. Kepulan asap memang masih tebal, karena membakar sisa material,” kata Plt Sekretaris BPBD Indramayu Caya di lokasi kejadian, Senin (29/3/2021).

Caya mengatakan sterilisasi dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Petugas masih siaga. Tim ada yang di lokasi dan pos-pos, kemudian ada juga di pengungsian,” kata Caya. (adm/lma)