Terapkan Prokes, Pelaksanaan Shalat Id di Konsel Berjalan Hikmah

20
Suasana Shalat Idul Fitri di Lapangan Upacara Kantor Bupati Konsel - Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), menggelar Shalat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijiriah, di halaman Upacara Kantor Bupati Konsel, Kamis (13/5/2021)

Hal ini diberlakukan, lantaran pandemi virus covid -19 yang masih mewabah, dan tentunya ini bagian dari langkah pencegahan penularannya. Seluruh jamaah sebelum masuk diarea shalat, dilakukan pengukuran suhu tubuh, serta diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan yang telah disediakan panitia.

Shalat Id yang dipusatkan di halaman Upacara Kantor Bupati Konsel di Andoolo ini, dihadiri Bupati H Surunuddin Dangga ST MM dan Wakilnya Rasyid, Sekda Konsel Ir Drs H Sjarif Sajang MSi, Ketua DPRD Irham Kalenggo, beserta unsur Forkopimda dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Konsel

Selain itu, juga dihadiri Ketua TP PKK Hj Nurlin Surunuddin, Wakil Ketua PKK Suharni Rasyid, Anggota DPRD Provinsi Sultra Aksan Jaya Putra dan keluarga besar Bupati dan Wabup, serta masyarakat sekitar. Bertindak sebagai Khatib Kepala Kemenag Konsel Drs H Joko MPd dan Imam Shalat Kabag Kesra Hamlin S Ode Maka.

Bupati Konsel H Surunuddin, dalam sambutannya dihadapan jamaah yang duduk dengan pengaturan jarak barisan ini, mengatakan puji syukurnya karena seluruh masyarakat Konsel, bisa menunaikan ibadah shalat Ied dalam keadaan sehat dan lancar. Meskipun ditengah menerpanya pandemi virus covid-19.

“Patut kita semua bersyukur atas nikmat Allah SWT, yang diberikan kepada kita hari ini, karena masih bisa menjalankan ibadah lebaran dalam suasana pandemi. Mari tetap terapkan Prokes ketat sembari berdoa semoga wabah segera berlalu,” imbuhnya.

Lanjutnya, di Hari Raya Idul Fitri sejatinya menjadikan momentum untuk menyempurnakan hubungan vertikal dengan Allah, dan secara horizontal membangun hubungan sosial yang baik dengan sesama.

“Dihari kemenangan ini, atas nama pribadi, keluarga dan jajaran Pemerintah Kabupaten Konsel, kami menyampaikan selamat menjalankan hari raya Idul Fitri kepada seluruh masyarakat. Mohon maaf lahir bathin, ayo bersama serentak bergerak mendukung program pemerintah dengan menuntaskan Desa Maju Konsel Hebat Jilid II menuju Konsel Amanah, Religius, Sehat dan Sejahtera,” pungkas mantan Ketua DPRD Konsel ini.

Sedangkan dalam khotbahnya, Khatib Kepala Kemenag Joko mengajak masyarakat disuasana lebaran, agar mewujudkan syukurnya untuk menciptakan kerukunan dengan bergandengan tangan, bahu membahu dalam mewujudkan Konsel yang damai ditengah keberagaman ras, agama, suku dan budaya.

Dikatakannya juga bahwa ditengah era informasi, dalam bermedia sosial agar menghindari ujaran kebencian, fitnah, ghibah, naminah dan mengkonsumsi informasi hoax. Dengan bagaimana menyikapi setiap berita melalui tabayun atau mengklarifikasinya terlebih dahulu sebelum disebar.

“Ini juga sesuai fatwa MUI No 24 Tahun 2017, tentang hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial, diharamkan umat islam membicarakan keburukan atau aib orang lain dan penyebaran permusuhan, dengan menyaring setiap informasi yang mengalir di Medsos,” jelasnya.

Didunia digital kini, sambung dia, kita harus mampu menggunakan kemudahan untuk tidak melakukan kejahatan dengan lisan dan jari kita. Ingatlah dan senantiasa berhati-hatilah, karena jejak digital akan selalu ditinggalkan di dunia maya dan bisa dikembalikan dimana dan kapan saja.

“Berbekal inilah mari kuatkan kehidupan, dengan menjaga persaudaraan dimulai pada lingkup keluarga, tetangga, lingkungan hingga bernegara,” tandasnya.

Reporter: Udin