Tiga Desa Lokasi TMMD di Buton Dapat Bantuan Bibit Kelapa Genja dan Pala

21
Suasana giat penyuluhan pertanian di Desa Mulya Jaya. Foto: Adhil/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – Desa Mulya Jaya, Desa Harapan Jaya dan Desa Sangia Arano, tiga desa di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang merupakan lokasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110, diberi bantuan bibit kelapa genja dan pala. Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Buton, Ma’mul Djamal ditemui Sabtu, 03 Maret 2021.

Ma’mul Djamal mengatakan, kurang lebih ada 50 bibit kelapa genja dan 50 bibit pala yang akan diberikan untuk para petani di tiga desa tersebut. Dijadwalkan, proses penanamannya secara simbolis akan diikuti Bupati Buton La Bakry, Komandan Kodim 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan dan Kapolres Buton AKBP Gunarko.

“Untuk jadwal penyerahan dan penanaman itu, kita masih menunggu persiapan dari Pak Bupati. Insya Allah dalam waktu dekat ini,” ungkap Ma’mul Djamal.

Sementara itu Komandan Kodim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan melalui Komandan SSK TMMD ke-110, Letnan Dua Ridwan mengatakan, penyaluran bibit pala dan kelapa genja di lokasi TMMD, merupakan lanjutan dari kegiatan penyuluhan pertanian yang digelar beberapa waktu lalu. Kegiatan itu juga kata Ridwan, merupakan program non fisik TMMD dari Kodam XIV Hasanuddin dibawah pimpinan Mayjen TNI Andi Sumangerukka di wilayah kerja Kodim 1413 Buto.

“Penanaman pala dan kelapa ini sebenarnya sudah jadi program penting pemda Buton. Dan melalui kegiatan TMMD ini, kami dari TNI ikut serta membantu proses penanamannya. Tentu kita berharap, hasil panennya nanti bisa membantu mendongkrak ekonomi masyarakat setempat,” ucap Letda Ridwan.

Penulis: Adhil