Tiga Warga Disandra Kelompok Abu Sayyaf Tiba di Wakatobi

109
Tiga Warga Disandra Kelompok Abu Sayyaf Tiba di Wakatobi. (Dok for suryametro.id)

WANGI-WANGI, suryametro.id – Tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang diculik kelompok bersenjata Abu Sayyaf, berhasil diselamatkan Pasukan Tentara Filipina di perairan Pulau Pasigan, Ubian Selatan, Tawi-Tawi, pada Kamis malam waktu setempat, 18 Maret 2021 lalu.

Keti pria tersebut yakni, Riswanto Bin Hayono, Arizal Kastamiran, dan Arsyad Bin Dahlan asal Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra). Dalam penyelamatan itu, seorang warga negara Filipina bernama Sahud Salisim alias Ben Wagas juga berhasil diselamatkan.

Siang tadi, Kamis (8/4/2021) sekitar pukul 13.50 wita, tiga warga asal Kecamatan Kaledupa itu, tiba di Bandara Matahora Wakatobi, didampingi dua orang staf Kemenlu RI Herman dan Ibu Puji, Perwakilan KBRI Manila Isman dan ditemani masing-masing keluarga korban.

Kedatangan tiga Warga Kaledupa itu, juga disambut oBupati Wakatobi H Arhawi SE MM, Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi, Pabung Wakatobi Mayor Inf Irham Katili, Danpos AL Wakatobi Letda (L) Muhamad Tinri dan Kasatintelkam Polres Wakatobi Iptu Laode Made.

Dijadwalkan ke tiga orang tersebut bersama keluarga akan berangkat menuju Kaledupa besok, Jumat (9/4/2021) menggunakan kapal laut.

Sementara, satu warga Wakatobi yang juga bagian dari orang yang dibebaskan dari penyanderaan kelompok Abu Sayyaf , Mohammad Khairudin masi berumur 12 tahun, saat ini masih berada di Kementerian Sosial RI, yang masih sementara dalam pengembalian mental pribadi atau psikologi.

Reporter: Samidin