TMMD ke-110, Fokus Perbaikan Sarana Fisik dan non Fisik Tiga Desa di Buton

36
Komandan Kodim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan tanda tangani MoU pelaksanaan TMMD bersama Pemda Buton. Foto: Adhil/suryametro.id

BUTON, suryametro.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 resmi digelar. Dipelaksanaan TMMD kali ini, terfokus di tiga desa di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang masuk dalam wilayah hukum Kodim 1413 Buton.

Komandan Kodim 1413 Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan mengungkapkan, pelaksanaan TMMD di Buton kali ini berdasarkan surat telegram Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, tentang perintah pelaksanaan kegiatan TMMD selama 30 hari terhitung sejak 02 Maret hingga 31 Maret 2021 di Kecamatan Lasalimu Selatan.

Ada dua sasaran utama pelaksanaan TMMD tahun ini, yaitu sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik meliputi kegiatan pembangunan masjid, perbaikan jembatan rakyat Desa Sangia Arona, pembangunan drainase, perbaikan halaman masjid serta pembuatan sarana mandi, cuci dan kakus (MCK).

Sementara untuk sasaran non fisik kata Letkol Arif diantaranya, penyuluhan media sosial, penyuluhan bahaya isis, penyulusah kesehatan, bahaya narkoba dan beberapa sasaran penyuluhan lainnya.

“Tahun ini ada tiga desa yang jadi sasaran giat TMMD, yaitu Desa Sangia Arona, Desa Mulya Jaya dan Desa Harapan Jaya. Ketiga desa itu sudah kita servei dan memang sangat layak untuk lokasi TMMD. Untuk itu, melalui perintah langsung Pangdam Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, kegiatan langsung kita fokuskan ke tiga desa itu,” ungkap Letkol Arif.

“Untuk personil TMMD, ada 150 orang. Jumlah itu merupakan personil gabungan dari Kodim 1413 Buton, Korem 143 Haluoleo, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan dari personil Polres Buton. Nah sangat kita harapkan, kegiatan TMMD ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tambah Arif menutup.

Penulis: Adhil