Tokoh Adat Wakatobi Beri Gelar ASR Sebagai Waopu Meantu’u Soludadu

540
Andi Sumarekka saat Menggunakan Pakaian Adat - Foto: Samidin/Suryametro.id

WANGI-WANGI, Suryametro.id – Para Tokoh adat di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), memberikan gelar kepada Andi Sumarekka (ASR) sebagai Waopu Meantu’u Soludadu. Pemberian gelar itu berlangsung saat ASR mengunjungi Wakatobi bersama rombongan dan disambut meriah oleh puluhan masyarakat adat, Kamis (23/9/2021).

Mantan Panglima Kodam XIV Hasanuddin ini dinilai pantas menerima penghargaan tersebut. Pemberian Penghargaan kepada Andi Sumangerukka telah melalui hasil musyawarah masyarakat adat di kabupaten Wakatobi,

Gelar Adat Waumpu Meantu’u Soludadu sendiri dimaknai sebagai pemimpin yang arif dan bijaksana, dihormati dan disegani oleh masyarakat karena keberhasilannya serta sekaligus sebagai panglima tertinggi angkatan perang pada Kadie pada zaman dahulu yang disegani serta dapat mengayomi masyarakatnya dari berbagai gangguan baik dari dalam maupun dari luar wilayah.

Dengan pemberian gelar tersebut, ASR telah dianggap sebagai bagian dari masyarakat Wakatobi yang dipercaya mampu menjadi pemimpin sesuai dengan gelar yang disandangnya.

Menerima gelar tersebut, Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tenggara ini mengucapkan rasa terima kasihnya kepada tokoh adat dan masyarakat yang hadir, ia berjanji dengan gelar yang telah disandangnya, ia tidak akan mengecewakan masyarakat Wakatobi.

“Anugerah yang luar biasa yang tidak akan saya lupakan. Saya diberikan kehormatan adat dalam acara silaturahmi ini. Ini merupakan amanah dan titipan bapak ibu, oleh karena itu saya tidak akan melupakan itu, dan tidak akan mempermalukan bapak-bapak. Saya yakin juga kita bersama-sama maka kita akan bisa mewujudkan itu,”ucapnya.

Selain agenda silaturahmi, kunjungan Dewan Pembina ASR ini juga akan bersilaturahmi memberikan bantuan kepada masyarakat dan akan meninjau beberapa pelaku usaha mikro.

“Dan kedatangan saya hari ini bukan yang terakhir. Saya akan datang pada saat-saat berikutnya untuk bisa menyapa dan dekat dengan masyarakat,”pungkasnya.

Reporter: Samidin