Top Skor Euro Sepanjang Masa: Ronaldo dan Platini di Puncak

30
Euro 2020 (Euro 2021) menjadi kesempatan bagi Cristiano Ronaldo untuk melewati Michel Platini sebagai top skor sepanjang masa. Cristiano Ronaldo berpeluang menjadi top skor speanjang masa Euro. (REUTERS/SERGIO PEREZ)

JAKARTA, suryametro.id – Piala Eropa Euro 2020 (Euro 2021) menjadi kesempatan bagi Cristiano Ronaldo untuk melewati Michel Platini sebagai top skor sepanjang masa Euro. Berikut daftar top skor Euro sepanjang masa.

Ronaldo yang akan menjalani Piala Eropa kelima di Euro 2020 berpeluang menjadi top skor sepanjang masa turnamen sepak bola terbesar di Eropa ini.

Ronaldo saat ini mengoleksi sembilan gol di Euro, berbagi posisi di puncak bersama legenda Prancis, Michael Platini.

Secara statistik, Platini bisa dibilang lebih impresif ketimbang Ronaldo. Pasalnya, Platini mencetak sembilan gol hanya dalam lima pertandingan di Euro 1984 ketika Prancis menjadi juara. Sementara Ronaldo butuh 21 laga di empat putaran final untuk mencetak sembilan gol.

Posisi kedua top skor Euro sepanjang masa ditempati legenda Inggris Alan Shearer yang mengoleksi 7 gol dalam 9 pertandingan.

Di posisi ketiga ada tujuh nama pemain yang mengoleksi 6 gol. Namun, satu-satunya pemain yang masih akan tampil di Euro 2020 adalah penyerang Prancis Antoine Griezmann.

Sementara itu ada tujuh pemain yang sudah pensiun di posisi keempat dengan torehan 5 gol. Di antaranya ada Marco van Basten, Zinedine Zidane, dan Jurgen Klinsmann.

Daftar Top Skor Euro Sepanjang Masa:

1. Michael Platini (Prancis), Cristiano Ronaldo (Portugal): 9

2. Alan Shearer (Inggris): 7

3. Antoine Griezmann (Prancis), Ruud van Nistelrooy (Belanda), Patrick Kluivert (Belanda), Wayne Rooney (Inggris), Thierry Henry (Prancis), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Nuno Gomez (Portugal): 6

4. Savo Milosevic (Yugoslavia), Marco van Basten (Belanda), Milan Baros (Ceko), Jurgen Klinsmann (Jerman), Fernando Torres (Spanyol), Mario Gomez (Jerman), Zinedine Zidane (Prancis): 5

(CNNIndonesia)