TP-PKK Provinsi Kunker di Buton dan Serahkan Alat PHBS

51
TP-PKK Provinsi saat menyerahkan alat PHBS kepada Ketua PKK Buton Ny Delya Montolalu La Bakry - Doc: Kominfo Buton

BUTON, suryametro.id – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Buton, Ny Delya Montolalu La Bakry, menyambut TP-PKK Provinsi yang melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Wisata yang ada di Buton.

Dalam kunkernya, TP-PKK Provinsi juga menyerahkan alat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kepada Ketua PKK Kabupaten Buton, yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra bertempat, di Aula Rujab Bupati Buton, Rabu (15/9/2021)

Pada kunjungan desa wisata itu, TP-PKK , supervisi 10 program PKK, pertama mengunjungi Kelurahan Kambula-mbulana, Kecamatan Pasarwajo dan berakhir di Desa Wasuemba Kecamatan Wabula

Pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Buton, Alimani berharap, agar kerjasama antara PKK Provinsi dan PKK Kabupaten Buton selalu terjalin baik

“Apa yg menjadi tujuan kita bersama yaitu pembinaan PKK dari tingkat desa akan berjalan baik khususnya di kabupaten Buton,” jelasnya.

Lanjutnya, potensi Pantai Lahonduru, sebagai aset pariwisata Buton juga kearifan lokal, yang masih dijaga oleh masyarakatnya melalui beberapa persembahan, seperti Tari Lariangi, Tari Ngibi dan Tari Mansa turut memeriahkan acara. Oleh sebab itu, perlu diberikan apresiasi atas semangat kerja masyarakat Wasuemba, sebagai wujud membangkitkan objek wisata di desa.

“Rasanya sangat tepat, jika pemerintah memilih Kecamatan Wabula sebagai salah satu lokus area yang dikembangkan sebagai desa wisata di kabupaten Buton,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua tim Supervisi, Ria Lestari Sitompul mengatakan, untuk Desa Wasuemba yang menarik menjadi destinasi wisata adalah pantainya. Terlihat, potensi pantai Wasuemba cukup bagus, terlebih peran serta masyarakat yang masih menjunjung nilai nilai budayanya.

“Hal ini terlihat dari anak-anak yang menari dan orangtua yang bermain gendang. Terus terang, ini menjadi daya tarik tesendiri bagi pengunjung dari luar daerah Buton,” tutupnya.(Adm)