Tugu Pahlawan Himayatuddin Akan Dibangun di Kotamara

280
Gubernur Sultra Ali Mazi didampingi Walikota Baubau H AS Tamrin saat meninjau Tugu Pahlawan Himayatuddin. (Foto: Novi/suryametro.id)

BAUBAU, suryametro.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, dalam kunjungannya ke Baubau, untuk meninjau lokasi pembangunan Tugu Pahlawan Nasional Sultan Himayatuddin (Oputa Yi Koo), Sabtu (30/1/2021)

Tugu pahlawan nasional Sultan Himayatuddin, rencananya akan dibangun di Kotamara dan bisa menjadi ikon, sehingga dengan pembangunan patung pahlawan di Kotamara, dapat menarik kunjungan wisatawan dalam negeri hingga luar negeri.

Selain menarik wisatawan, tugu pahlawan nasional Sultan Himayatuddin juga akan di bangunkan museum, agar para pengunjung juga melihat bahwa begitu gigihnya ketika itu Oputa Yi Koo itu berjuang melawan Belanda,

“Walaupun dengan bambu runcing dan beberapa pasukan yang setia, sehingga mereka bergeliria di hutan dan ini yang disalut,” ungkap H Ali Mazi MH, Gubernur Sultra, saat dikonfirmasi beberapa awak media.

Pemerintah memberikan penghargaan sebagai pahlawan nasional, karena kegigihannya melawan Belanda. Dimana, Oputa Yi Koo tidak menginginkan Buton untuk dijajah.

“Sebagai generasi muda, kita abadikan dengan patung serta adanya museum juga sebagai ikon tentang sejarah Buton,” tutupnya.

Reporter : Novi
Editor: Herman Erlangga