Tuntut Pemprov Sultra, Warga Muna Blokir Jalan dan Sandera Lima Kendaraan Dinas

117
Warga Muna Blokir Jalan Provinsi dan Sandera Mobil Dinas Pemda Buteng. (Foto: Iman Supa)

RAHA, suryametro.id – Warga yang tergabung dalam Forum Aspirasi Masyarakat (Frasa) Kabupaten Muna, melakukan pemblokiran jalan propinsi yang menghubungkan Kabupaten Muna dengan Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Selain memblokir jalan di Desa Wakumoro, Frasa Muna juga menyandera lima kendaraan dinas, yang terdiri dari satu unit mobil milik Pemerintah Daerah (Pemda) Buteng dan empat unit motor dinas dari Pemda Muna dan Muna Barat (Mubar).

Koordinator Lapangan Frasa Muna, Muhamad Boisadri saat dikonfirmasi, Jumat (13/8/2021) mengatakan, aksi tersebut dilakukan karena melihat kondisi jalan propinsi yang sudah rusak parah, mulai dari Desa Wakumoro, Desa Laiba, Desa Bea dan Kelurahan Laimpi, yang hingga saat ini tidak kunjung diperbaiki.

Lanjutnya, pada tahun 2020 lalu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan salah satu anggota DPRD Sultra, sudah membuat pernyataan akan menuntaskan pengaspalan jalan tersebut

“Nyatanya, janji akan menuntaskan persoalan jalan yang rusak, tidak ada realisasimya hingga sampai saat ini,” jelasnya.

Kemudian, Frasa Muna juga mendesak Gubernur Sultra, H Ali Mazi untuk melakukan pengaspalan jalan tersebut, berdasarkan pernyataan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air Sultra.

“Apabila tidak terpenuhi, maka aksi pemblokiran jalan akan terus dilakukan sampai tuntutan terpenuhi,” tutupnya.

Reporter: Iman Supa