Vaksin Covid-19 di Baubau Mulai Disalurkan ke 20 Fasyankes

80
Vaksin Covid-19 di Baubau Mulai Disalurkan ke 20 Fasyankes. Foto: Novi/suryametro.id

BAUBAU, Suryametro.id – Usai pencanangan vaksinasi di Aula Kantor Wali Kota Baubau, kini 1600 vaksin mulai disalurkan ke 20 Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes).

Penyaluran Vaksin ke 20 Fasyankes yang terdiri dari Puskesmas Lakologou, Puskesmas Kampeonaho, Puskesmas Bungi, puskesmas Kadolomoko, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Puskesmas BWI, Puskesmas Lowu-lowu, Puskesmas Wolio.

Kemudian, Rumah Sakit Umum Daerah Baubau, Puskesmas Melai, Puskeamas Katobengke, puskesmas Betoambari, puskesmas Bataraguru, puskesmas Sulaa, puskesmas Sorawolio, puskesmas Meo-meo, puskesmas Waborobo, puskesmas Wajo, puskesmas Liwuto, dan klinik Bhayangkara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Wahyu Usai menghadiri kegitan pencanangan vaksinasi kini lanjut distribusikan 1600 Vaksin dari Instalasi Farmasi Rabu, (3/2/21)

“Akan di lanjutkan vaksinasi tahapan ke dua pada Hari Jumat, (5/2/2021) kedepan, untuk tenaga kesehatan (Nakes) Kota Baubau,” ungkap Wahyu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021)

Lanjutnya, selain 1600 vaksin yang di distribusikan, juga ada pakaian Alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (Alkes) yang diberikan tiap-tiap Puskesmas serta pendampingan.

“Jadi kelengkapan untuk pelaksanaan inikan harus ada alkohol semprot, Alat pelindung diri (APD), itu Alkesnya semua dikemas dalam kerdus, dan kemudian cool box warna biru itu vaksinnya,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pendampingan untuk menyaksikan bahwa vaksin telah sampai sehingga disimpan di puskesmas dan diberikan juga pengamanan khusus. Nanti ada tenaga supervisor dari Dinas Kesehatan dari supervisi yang terbagi keseluruhan di Puskesmas juga untuk memastikan bahwa itu berjalan lancar untuk seterusnya kalau ada masalah harus dicari solusinya.

Reporter: Novi
Editor: Herman Erlangga