Wabup Konsel Apresiasi Inovatif Desa Digital Talumbinga

165
Wabup Konsel Rasyid saat mengunjungi Desa digital Talumbinga - Foto: Udin/suryametro.id

ANDOOLO, suryametro.id – Setelah sekian lama tidak tersentuh sinyal komunikasi (Blank Spot), Desa Talumbinga, Kecamatan Sabulakoa, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), akhirnya bisa terkoneksi internet dan masyarakat kini mulai bisa mengakses informasi.

Dengan inovasi yang dilakukan Desa Talumbinga, Wakil Bupati (Wabup) Konsel Rasyid sangat mengapresiasi terhadap inovasi Desa Digital Talumbinga itu. Dengan begitu, ia berharap bisa menjadi percontohan untuk desa lainnya yang ada di Konsel,

“Dengan begitu, kita wajib apresiasi terhadap inovasi inisiatif Desa Talumbinga,” ujar Rasyid pada kesempatan itu.

Lanjutnya, perlakuan secara virtual aparat pemerintahan Desa pun ikut lega dengan hadirnya fasilitas ini, yang sebelumnya karena susahnya akses internet susah membuat inovasi, apalagi bidang pemerintahan yang sudah serba online dan sekarang ini digunakan metode digital aplikasi dalam melaksanakan setiap pekerjaan.

Sementara itu, Ceo PT ISWA Imam Utoyo yang hadir pada acara tersebut mengatakan, saat sekarang inilah saatnya berinovasi dengan memafaatkan akses internet yang ada.

“Jangan menunggu wabah covid-19 meredah, akses informasi internet harus segera di jangkau masyarakat di Konsel secara menyeluruh ditahun ini,” ujar Imam.

Selain itu, teknologi digital adalah inovasi untuk menjawab krisis di tengah wabah pandemi covid-19. Sebab, sektor informasi dan konektifitas ini, akan membuka ruang kolaborasi secara digital dengan daerah lain. Utamanya permintaan produk-produk lokal daerah, seperti pertanian, perikanan, dan lainya yang menurun penyerapannya sejak pandemi.

Masuknya kolaborasi ISWA Group dan Pemerintah Kabupaten ini, adalah salah satu wujud keterbukaan pemerintah untuk memberikan ruang sumbangsih swasta, untuk memberikan masukan inovasi ke masyarakat desa di Kabupaten Konawe Selatan.

Reporter: Udin