Wakil Walikota Baubau Ingatkan Peran Orangtua Cegah Milenial Terjerumus Narkoba

76
Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse - Doc: Kominfo Baubau

BAUBAU, suryametro.id – Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengingatkan, bagaimana pentingnya peran orangtua dalam mendidik anak. Karena, keluarga merupakan unsur paling penting untuk dapat mencegah kaum milenial terjerumus narkoba.

Dengan peran aktif dari setiap orang tua, senantiasa menjaga keharhamonisan, sebab keluarga sebagai pusat pendidikan informal dan tempat belajar pertama dan utama bagi anak, sehingga bisa menjauhkan anak dari paparan narkoba.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, melalui sambutannya saat menghadiri kegiatan fasilitasi pelaksanaan program ketahanan keluarga anti narkoba, yang diselenggarakan BNN Kota Baubau, di aula Kantor Kelurahan Wale, Minggu (8/8/2021) kemarin.

Dengan melibatkan langsung anak usia remaja bersama orang tuanya, merupakan sebuah keharmonisan antara anak dan orang tua, serta kunci benteng utama dalam melindungi anak-anak khususnya di Kota Baubau, dari hal-hal negatif yang dapat merusak masa depannya.

“Atas nama Pemerintah Kota Baubau saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, saya juga menghimbau seluruh orang tua, untuk menjadikan Narkoba sebagai musuh bersama, serta bergotong-royong untuk memerangi penyalah gunaan dan peredaran gelap Narkoba di Kota Baubau,” ungkap La Ode Ahmad Monianse.

Lanjutnya, dari sisi agama juga memberikan doktrin, untuk senantiasa menjaga diri dan keluarga, khususnya anak-anak sebagai generasi penerus agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif. Untuk itu ia menekankan, agar apa yang dilakukan untuk anak tersebut harus betul-betul dengan penuh keikhlasan,.

“Ini merupakan suatu kewajiban bagi kita sebagai orang tua untuk dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab,” jelasnya.

Kemudian, Narkoba merupakan bahan yang sangat berbahaya dan berdampak buruk terhadap masa depan generasi muda, sehingga dianggap sebagai kejahatan yang extraordinary.

“Karena kalau mereka sudah terjerumus kedalamnya, maka sangat sulit dan membutuhkan energi besar untuk mengembalikan mereka dalam kondisi yang semula,” tuturnya.

Selain itu, dampak narkoba terhadap anak remaja sangat besar, baik dari segi psikologi, kesehatan, ekonomi, serta merosotnya nilai moral dan etika. Dimana, dampak tersebut dapat mendorong anak pada perilaku yang menyimpang, seperti suka berbohong, serta lahinnya temperamen buruk yang dapat mengakibatkan timbulnya perlawanan anak terhadap orang tuanya.

“Anak-anak kita adalah permata yang sangat berharga dalam keluarga, mereka adalah harapan masa depan bangsa kita. Dan tidak akan mungkin kita mewariskan harta kita, bangsa kita kepada generasi yang terpapar Narkoba, karena sudah pasti mereka akan lemah secara mental dan lemah secara fisik. Olehnya itu, mari kita selamatkan generasi penerus kita dari cengkrama Narkoba ini,” tutupnya.(Adm)